Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Sejarah Mango Sticky Rice, Benarkah Berasal dari Thailand?

Kompas.com - 06/05/2024, 15:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Popularitas mango sticky rice mulai naik usai seorang rapper asal Thailand bernama Danupha "Milli" Khanatheeraku melahap seporsi mango sticky rice di atas panggung musik dunia, Coachella pada 2022.

Dikutip dari laman Lifestyle Asia, sejak momen tersebut, pencarian mango sticky rice di mesin pencarian google trend melonjak. 

Baca juga: Resep Mango Sticky Rice, Pakai Mangga Arum Manis

Melihat ini, pemerintah Thailand juga mempertimbangkan untuk memasukkan mango sticky rice ke dalam daftar warisan dunia UNESCO.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Kudapan dari perpaduan ketan, santan, dan buah mangga ini akrab didengar sebagai makanan yang berasal dari Thailand. Lantas, benarkah mango sticky rice berasal dari Thailand?

Benarkah mango sticky rice dari Thailand?

Terlepas dari popularitas mango sticky rice di Thailand, hampir tidak ada bukti konklusif yang membenarkan di mana dan bagaimana pertama kali mango sticky rice muncul.

Makanan ini telah berkembang menjadi makanan penutup di seluruh Asia Tenggara dan Asia Selatan. 

Ilustrasi mango sticky rice. freepik/jcomp Ilustrasi mango sticky rice.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa sejarah awal mango sticky rice dimulai pada akhir periode Ayutthaya (1351-1767). Kemudian berlanjut hingga masa pemerintahan Raja Rama II.

Sumber lain mengatakan bahwa pada masa pemerintahan Rama V, campuran ketan kukus dan santan harus dikonsumsi dengan buah-buahan seperti mangga manis. 

Baca juga:

Dari sini bisa dikatakan bahwa hidangan ketan mangga sudah ada di tengah masyarakat Thailand sejak lama.

Meskipun begitu, mangga pertama kali tumbuh bukan di Thailand, melainkan di India selama lebih dari 5.000 tahun. Tidak hanya itu, mangga juga merupakan tanaman asli Burma dan Asia Timur.

Sedangkan ketan berasal dari Timur Laut, Isaan, yaitu bagian kecil dari Thailand yang berbatasan dengan Laos. Maka tidak heran hidangan mango sticky rice kerap ditemui di Laos.

Baca juga: Resep Mango Sticky Rice Khas Thailand, Coba Bikin Saus Tanpa Santan

Bahkan menurut buku The Foreign Missionary, Volume 35 yang diterbitkan pada tahun 1876, ketan juga dikonsumsi secara religius bersama buah-buahan oleh masyarakat Laos sebagai bagian dari tradisi dan budaya sehari-hari.

Terlepas dari sejarahnya, mango sticky rice kini mudah dijumpai, khususnya di restoran Thailand. Bahkan hidangan ini bisa dibuat sendiri di rumah karena bahan yang dibutuhkan mudah ditemui di pasaran.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com