Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soto Ayam Indonesia, Salah Satu Sup Terenak di Dunia Versi CNN

Kompas.com - 10/01/2022, 12:02 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Soto ayam menjadi satu-satunya hidangan khas Indonesia yang masuk daftar 20 sup terenak di dunia menurut CNN.

Hidangan berkuah ini dinilai memiliki cita rasa dan aroma menggugah selera yang berasal dari aneka rempah, seperti kunyit, adas bintang, kayu manis, serai, serta daun jeruk.

Isi soto ayam sendiri bervariasi. Umumnya, semangkuk soto ayam terdiri dari soun, ayam suwir, serta sayuran, seperti tomat, irisan tauge, serta daun bawang.

Baca juga: 20 Sup Terbaik di Dunia Versi CNN, Ada Soto Ayam Indonesia

Sementara untuk pelengkapnya, soto ayam biasa disajikan dengan taburan bawang goreng, telur rebus, dan emping.

Tidak hanya populer di Indonesia, soto ayam juga digemari di beberapa negara lain, seperti Malaysia, Singapura, dan Suriname.

Keberadaan soto ayam di luar negeri tak lepas dari peran imigran Jawa yang membawa resep makanan ini ke luar negeri.

Selain soto ayam dari Indonesia, ada juga tom yum goong dari Thailand, bouillabaisse asal Perancis, dan gumbo dari Amerika Serikat yang masuk daftar 20 sup terbaik di dunia versi CNN.

Baca juga:

Soto ayam di Indonesia

Ada dua jenis ayam yang biasa digunakan untuk membuat soto, yaitu ayam kampung dan ayam broiler.

Selain jenis ayam yang berbeda, penyajian bahan utama soto ini juga tidak selalu sama, seperti yang tertulis dalam buku "Aneka Soto Nusantara" (2011) oleh Julie Indah Rini terbitan Multi Kreasi Satudelapan.

Beberapa soto ayam khas daerah di Indoniesia membutuhkan ayam yang sudah digoreng terlebih dahulu, sementara resep lainnya langsung menggunakan ayam rebusan kaldu.

Jenis soto madura biasanya menggunakan ayam goreng. Setelah menggoreng daging ayam rebus, ayam langsung disuwir mengikuti alurnya.

Sementara ayam tanpa proses goreng, biasanya disajikan bersama kaki atau ceker yang biasa disajikan dalam hidangan soto ceker.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com