5 Tempat Sarapan di Makassar, Makan Bassang atau Coto

Kompas.com - 12/11/2020, 08:12 WIB
Ilustrasi bassang, makanan khas Makassar. Dok. Shutterstock/riskawiyusniIlustrasi bassang, makanan khas Makassar.

KOMPAS.com - Sebelum memulai aktivitas, sebaiknya kamu mengisi perut terlebih dahulu. Begitu pula saat kamu ada di Makassar, Sulawesi Selatan. 

Jangan lewatkan sarapan di Makassar, karena ada banyak sajian khas yang menggugah selera.  Berikut tempat yang menjual sajian sarapan khas Makassar:

Baca juga: 16 Makanan Khas Makassar, Tidak Cuma Coto dan Jalangkote

1. Bassang Aje Toddopuli

Kamu bisa memilih bassang original, bassang gula, susu, susu dan gula, dan ada juga yang menggunakan milo. Harga mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 8.000 per porsi.

Bassang Aje Toddopuli bisa kamu temukan di Jalan Toddopuli Raya, di depan teras Rumah Sakit Gia Lestari. Buka dari pukul 06.30 sampai 11.00 Wita.

Bassang terbuat dari jagung, santan, dan terigu. Berwarna putih, kental. Bagian atas beri susu kental manis, gula pasir, lalu bisa juga diberi tambahan milo.

2. Jalangkote & Lumpia Lasinrang

Ilustrasi jalangkote dan saus sambal khas. Jalangkote adalah kuliner khas Makassar yang bentuknya mirip pastel. SHUTTERSTOCK/MUHAMMAD SAFEI Ilustrasi jalangkote dan saus sambal khas. Jalangkote adalah kuliner khas Makassar yang bentuknya mirip pastel.

Bagi yang suka sarapan ringan, Makassar memiliki jalangkote lasinrang. Warga Jakarta melihat jalangkote mirip dengan pastel goreng. Hanya saja kulit jalangkote lebih tipis dan dinikmati dengan sambal cair. 

Sama seperti pastel, jalangkote berisi telur, wortel, kentang, dan bihun.

Jalangkote & Lumpia Lasinrang menjual jalangkote dan juga lumpia goreng.Harga satu pastel adalah Rp 7.500. Lumpia juga memiliki harga yang sama.

Baca juga: 7 Camilan Khas Makassar, dari Jalangkote sampai Sarabba Susu

Kamu bisa menemukan Jalangkote & Lumpia Lasinrang ini di Jalan Lasinrang Nomor11A, Sawerigading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar. Sudah beroperasional dari pukul 07.00 Wita.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X