Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencicipi Jakangkote dan Lumpia ala Restoran Legendaris di Makassar

KOMPAS.com - Berkunjung ke suatu tempat, tidak lengkap rasanya kalau belum mencicipi aneka kuliner khasnya.

Sama halnya saat berkunjung ke Makassar. Ibu kota Sulawesi Selatan ini memiliki banyak masakan dengan cita rasa khas yang bisa kamu cicipi.

Salah satunya, aneka gorengan renyahnya. Di Makassar, ada gorengan khas seperti jalangkote, lumpia rebung, dan bikang doang.

Kompas.com berkesempatan mencicipi aneka gorengan khas Makassar di Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny. Lily Montolalu pada Minggu (09/01/2022).

Dalam sebuah etalase makanan di depan usaha jalangkote legendaris di Makassar ini, tersaji ketiga gorengan khas Makassar. Pertama-tama, Kompas.com mencicipi jalangkote.

Jalangkote merupakan gorengan khas Makassar yang mirip dengan pastel.

Jalangkote disajikan dengan sambal cabai cair atau disebut juga Lombok oleh warga setempat. Sambal cabai cairnya terasa asam pedas yang menambah kenikmatan sensasi makan.

Tekstur dari jalangkotenya terasa renyah dengan cita rasa kulit yang terasa gurih. Tentu saja, perpaduan cita rasa kulit yang istimewa.

  • 16 Makanan Khas Makassar, Tidak Cuma Coto dan Jalangkote
  • 10 Camilan Mirip Pastel, dari Jalangkote hingga Saltena Khas Bolivia

Saat menggigit jalangkote, mulut akan langsung terasa penuh. Itu karena di dalam robekkan kulitnya terdapat isian yang penuh dan padat.

Isian dari jalangkotenya ada bihun, potongan kentang, dan wortel. Potongan kentang dan wortelnya terasa empuk tetapi tidak lembek.

Saat menikmati isian jalangkotenya, terasa sekali bumbu kaya rempah. Tentu saja, menambah lezat sajian jalangkote.

Beralih ke gorengan yang lainnya, di Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny. Lily Montolalu juga menjual lumpia. Lumpia yang disajikan berisikan potongan rebung yang tebal.

Tidak tercium sama sekali aroma rebung yang sering kali apek, jika salah mengolah. Ada cocolan sambal cair yang juga disajikan dalam seporsi lumpia.

Selain lumpia, ada bikang doang. Sekilas bikang doang mirip dengan bakwan udang. Menikmati dalam keadaan panas, bikang doang terasa renyah hingga terdengar suara kres saat menggigitnya.

  • 8 Kuliner Malam di Makassar, Banyak yang Buka 24 Jam
  • 7 Camilan Khas Makassar, dari Jalangkote sampai Sarabba Susu

Dalam setiap bikang doang, terdapat dua ekor udang sebagai topping di atasnya. Dalam adonan bikang doang terdapat taoge dan parutan wortel yang menambah lezat sajian.

Semua harga gorengan yang dijualn di Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny. Lily Montolalu dihargai sebesar Rp 8.000.

Kamu bisa mampir ke pusat outlet Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny. Lily Montolalu yang berada di Jalan Lasinrang Nomor 11A, Sawerigading, Ujung Pandang, Kota Makassar.

https://www.kompas.com/food/read/2022/01/11/201100375/mencicipi-jakangkote-dan-lumpia-ala-restoran-legendaris-di-makassar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke