Kompas.com - 21/10/2021, 19:07 WIB
Ilustrasi belimbing wuluh. DOK.SHUTTERSTOCK/CHOLIFAHCHO2Ilustrasi belimbing wuluh.

KOMPAS.com - Belimbing wuluh atau yang biasa juga disebut belimbing sayur merupakan buah yang berukuran kecil berbentuk lonjong.

Belimbing wuluh memiliki rasa asam yang segar. Biasanya, belimbing wuluh ditambahkan dalam sajian berkuah atau sambal untuk menambah rasa.

Mengulik lebih jauh seputar belimbing wuluh, buah yang sering dijadikan bumbu atau bahan masakan yang menarik untuk diketahui.

Baca juga: Resep Asem-asem Daging Sapi, Pakai Asam Jawa dan Belimbing Wuluh

Apa itu belimbing wuluh?

Ilustrasi belimbing wuluh.DOK.SHUTTERSTOCK/DWIMULYANI Ilustrasi belimbing wuluh.

Melansir dari buku "Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia" oleh Murdijati-Gardjito terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, belimbing wuluh diperkirakan berasal dari kepulauan Maluku.

Belimbing wuluh ditanam dan tumbuh secara bebas di beberapa daerah Asia Tenggara seperti Indonesia, Filipina, Sri Lanka, dan Myanmar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pohonnya kecil dan tingginya bisa mencapai 10 meter. Belimbing wuluh ditanam sebagai pohon buah namun kadang juga tumbuh secara liar.

Baca juga: Resep Cumi Asam Pedas Sederhana, Pakai Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh memiliki buah yang berbentuk lonjong bulat dan berwarna hijau kekuningan. Kalau sudah dalam keadaan matang, airnya banyak dan rasanya masam.

Rasa masam dari buahnya inilah yang biasanya digunakan sebagai sirup penyegar, bahan penyedap masakan, bahan obat tradisional, hingga pembersih kain yang ternoda.

Baca juga: Takaran Belimbing Wuluh untuk Empal Asem Cirebon, Jangan Kebanyakan

Nama daerah untuk belimbing wuluh

Menambahkan dari buku “Seri Mukjizat Daun Belimbing Wuluh” (2019) oleh Hieronymus Budi Santoso penerbit Pohon Cahaya Semesta (Anggota IKAPI), ada banyak nama daerah untuk belimbing wuluh.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.