Kompas.com - 21/10/2021, 09:09 WIB
Bakteri tidak suka tumbuh di lingkungan asam, sehingga obat kumur cuka sari apel atau cuka putih dapat mengurangi pertumbuhan bakteri, yang pada akhirnya dapat dicoba sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut. FREEPIK/RAWPIXEL.COMBakteri tidak suka tumbuh di lingkungan asam, sehingga obat kumur cuka sari apel atau cuka putih dapat mengurangi pertumbuhan bakteri, yang pada akhirnya dapat dicoba sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Terdapat banyak bumbu yang umum digunakan untuk memasak. Salah satunya adalah cuka.

Cuka yang digunakan untuk memasak sangatlah beragam. Bahkan masing-masing masakan menggunakan jenis cuka yang berbeda.

Melansir dari The Spruce Eats dan Food NDTV, berikut tujuh jenis cuka untuk memasak.

Baca juga:

1. Cuka putih atau white vinegar

Cuka putih umum digunakan dalam masakan India. Beberapa masakan Indonesia, seperti acar pun kerap menggunakan cuka putih dalam bumbunya.

Rasa cuka putih cukup kuat. Oleh karenanya, cuka ini bisa menambah rasa pada masakan serta membantu membersihkan perkakas rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cuka putih dapat dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai benda di rumah. Namun, hati-hati, tidak semua benda dapat dibersihkan menggunakan cuka.SHUTTERSTOCK/ANDRIANA SYVANYCH Cuka putih dapat dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai benda di rumah. Namun, hati-hati, tidak semua benda dapat dibersihkan menggunakan cuka.

 

2. Cuka beras atau rice vinegar

Cuka beras merupakan jenis cuka yang paling ringan di antara lainnya. Tingkat keasamannya pun lebih rendah.

Cuka beras banyak digunakan dalam masakan Asia. Rasanya yang lembut membuat cuka beras bisa dipakai dalam banyak hidangan, seperti salad, saus, maupun bumbu nasi sushi.

Baca juga: Resep Sushi Dragon Roll, Sushi Cantik ala Restoran

3. Cuka apel

Ilustrasi cuka apelshutterstock Ilustrasi cuka apel

Cuka apel juga merupakan salah satu cuka yang rasanya ringan. Berkat hal tersebut, cuka apel cocok digunakan untuk marinasi ikan atau ayam.

Selain itu, cuka apel juga dapat menambah aroma masakan. Penggunaannya bermacam-macam, bisa untuk daging hingga sayuran.

Baca juga: Resep Danmuji, Acar Lobak Kuning ala Korea yang Mudah Dibuat

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.