Kompas.com - 21/10/2021, 08:03 WIB

KOMPAS.com - Burger biasanya berisi patty daging sapi tetapi kali ini coba ganti menjadi telur asin. Makanan ini salah satu cara mengolah telur asin selain cuma langsung dimakan.

Roti burger yang bentuknya bulat dan telur asin adalah dua bahan makanan siap pakai. Proses bikin burger telur asin pun tidak pakai ribet.

Cara membuat burger telur asin tertera pada buku "26 Resep Lauk Lezat Olahan Telur Asin" oleh Lilly T. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut.

Baca juga:

Resep burger telur asin

Bahan roti isi

  • 5 buah roti bun, belah jadi 2 mendatar
  • 5 butir telur asin siap pakai, kupas, belah jadi 2
  • 2 sdm bawang bombai cincang
  • 1 sdt bawang putih giling
  • 5 lembar daun selada iris
  • 1 sdt lada halus
  • 100 gram jamur kancing, cuci, iris tipis
  • 1 sdm margarin
  • 1/2 sdt lada halus
  • 5 sdm mayones

Baca juga:

Ilustrasi burger bun atau roti burger untuk bikin roti isi. SHUTTERSTOCK/EUGENE VORONTSOV Ilustrasi burger bun atau roti burger untuk bikin roti isi.

Cara membuat burger telur asin

  1. Panaskan margarin di wajan datar antilengket. Tumis bawang putih dan bawang bombai hingga keluar aroma harum. Masukkan jamur kancing, lada halus, garam, dan mayones.
  2. Ambil roti, panggang di atas wajan datar antilengket hingga berwarna kecoklatan.
  3. Susun roti di piring datar, isi setengah bagian dengan irisan daun selada sebagai dasarannya.
  4. Beri sedikit jamur tumis di atas daun selada, tutup atasnya dengan setengah potong telur asin. Lalu tutup dengan setengah bagian roti lagi. Sajikan.

Baca juga:

Buku "26 Resep Lauk Lezat Olahan Telur Asin" oleh Lilly T. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.