Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Pisau Penting untuk Pemasak Rumahan, Minimal Ada di Dapur 

Kompas.com - 03/05/2024, 13:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Pisau terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran. Koki profesional biasanya memiliki satu set khusus pisau yang selalu dibawa saat beraktivitas masak. 

Banyaknya bentuk dan ukuran pisau ini mungkin akan membuat bingung bagi pemasak rumahan. Dikutip dari Martha Stewart, setidaknya ada tiga pisau penting yang wajib dimiliki pemasak rumahan. 

Tiga pisau dengan ukuran dan bentuk bilah berbeda ini membantu proses masak dasar khususnya untuk makanan khas rumahan. 

Tidak ada salahnya untuk berinvestasi dengan pisau berkualitas bagus untuk tiga pisau berikut ini.  

Baca juga:

1. Pisau bergerigi 

Pisau bergerigi atau akrab disebut pisau roti karena ujungnya yang seperti gergaji dapat dengan mudah mengiris roti atau makanan dengan tekstur remuk.

Pisau bergerigi memberikan kemudahan, dengan tambahan "gigitan" pada gerakan mengiris khususnya untuk makanan yang dipanggang seperti contohnya ayam panggang. 

Selain itu pisau ini juga bermanfaat untuk mengiris bahan makanan bertekstur licin, lembut, dan berair, contohnya tomat. 

Kamu juga bisa mengiris bahan makanan yang bertekstur keras seperti cokelat beku atau kacang, karena cara kerja pisau ini layaknya sebuah gergaji pemotong kayu.

2. Pisau koki 

Salah satu penyebab pisau cepat tumpul adalah penggunaan alas potong yang tidak tepat. Hindari memakai alas bertekstur keras, seperti batu maupun kaca.SHUTTERSTOCK/Serge Ka Salah satu penyebab pisau cepat tumpul adalah penggunaan alas potong yang tidak tepat. Hindari memakai alas bertekstur keras, seperti batu maupun kaca.

Pisau koki atau chef knife adalah sebutan untuk pisau yang memiliki bilah lebar, kaku, dan ujung bilah berbentuk segitiga. 

Rekomendasi standar ukuran bilah pisau koki untuk pemasak rumahan adalah 20 sentimeter, bisa juga lebih panjang sesuai kebutuhan. 

Pastikan bilah pisau lebih panjang dari gagangnya agar kegiatan mengiris, memotong, dan mencacah jadi lebih mudah.

Seperti namanya, pisau ini serbaguna untuk mengolah bahan daging, sayuran, dan banyak bahan lain di dapur. 

Baca juga: 5 Benda Dapur yang Bisa Dibersihkan Pakai Cuka

3. Pisau pengupas buah dan sayur

Ilustrasi pisau pengupas buah. Dok. Shutterstock/Golubovy Ilustrasi pisau pengupas buah.

Pisau pengupas buah dan sayur disebut sebagai paring knife. Cirinya berukuran kecil dengan bilah pendek berukuran 7-10 sentimeter. 

Ukurannya boleh kecil, tetapi pisau ini serbaguna karena membantu mengupas aneka makanan dengan berbagai tekstur. 

Kamu bisa mengupas berbagai bahan makanan dari kulit stoberi, tomat, udang, sampai bumbu rimpang dengan kulit tipis seperti bawang dan lengkuas.  

Ada beberapa bentuk bilah pisau pengupas, yaitu lurus, melengkung, dan berbentuk seperti paruh burung. Ada pula yang memiliki hiasan cekung untuk mencongkel mata kentang. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com