Kompas.com - 21/10/2021, 11:08 WIB
Ilustrasi sari cuka apel alicjaneIlustrasi sari cuka apel
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Ada beragam jenis cuka yang bisa digunakan untuk memasak. Salah satunya adalah cuka apel.  

Cuka apel terbuat dari sari apel yang difermentasi hingga menghasilkan buih. Penggunaan cuka apel bisa bermacam-macam, baik makanan maupun minuman. 

Namun demikian, beberapa orang meragukan kehalalan cuka apel. Pasalnya, cuka apel dibuat dengan cara difermentasi sehingga menghasilkan etanol atau alkohol. 

Lantas, apakah cuka apel halal? Berikut penjelasannya. 

Baca juga:

Apa cuka apel halal?

Menurut Direktur Eksekutif LPPOM MUI, Ir. Muti Arintawati, M,Si jika merujuk pada Fatwa Mejelis Ulama Indonesia Nomor 4 Tahun 2003 tentang Standardisasi Fatwa Halal cuka yang berasal dari khamr, baik terjadi dengan sendirinya maupun melalui rekayasa, hukumnya halal dan suci.

"Dalam hal ini, cuka apel termasuk salah satu diantaranya yang halal," ungkap Muti. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi cuka apelshutterstock Ilustrasi cuka apel

Fatwa mengenai cuka apel sendiri sebetulnya belum ada. Sehingga uraian tersebut masih merujuk pada salah satu fatwa yang mengulas alkohol atau khamar.

"Fatwa khusus cuka apel belum ada, tapi fatwa tentang istihalah dan alkohol sudah ada sebagai rujukan," jelas Aminudin Yakub, anggota Komisi Fatwa MUI kepada Kompas.com.

Baca juga:

Kendati demikian, Amin menuturkan bahwa tidak semua cuka apel halal. Merek cuka apel yang halal tentunya sudah bersetifikat MUI.

"Ya yang sudah dipastikan halal tentunya adalah yang sudah bersertifikat halal karena sudah diaudit dan dibahas di komisi fatwa. Di luar itu tidak dijamin kehalalannya, bisa halal bisa tidak," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Halal MUI
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.