Kompas.com - 09/09/2021, 08:16 WIB

KOMPAS.com - Kantung plastik menjadi bahan yang diandalkan pedagang gorengan najal untuk membuat gorengan renyah tahan lama.

Gorengan sebenarnya bisa tahan lama dengan bahan yang layak konsumsi tanpa perlu menggunakan bahan berbahaya untuk kesehatan konsumen.

Ada dua bahan yang dapat diandalkan untuk membuat gorengan tahan lama, seperti dikutip dari Sajian Sedap berikut.

Baca juga:

 

1. Tepung beras

Kamu bisa mencampur tepung terigu dengan tepung beras untuk membuat gorengan renyah tahan lama.

Perbandingan jumlah tepung adalah 75 persen tepung terigu dan 25 persen tepung beras.

Namun perhatikan kekentalan adonan yang dibalur ke bahan makanan. Sebab, jika adonan baluran terlalu kental dan tebal, maka membuat hasil gorengan jadi keras.

Oleh karena itu penting untuk mengendalikan kekentalan adonan tepung. Caranya dengan mencampurkan air sedikit demiki sedikit ke adonan tepung.

Bahan makanan yang digoreng akan mudah renyah seperti tempe juga membutuhkan adonan baluran yang lebih tipis, dibandingkan bahan makanan dengan tekstur benyek seperti pisang.

Ilustrasi pisang goreng selimut kremes. SHUTTERSTOCK/AGIFA PROJECTS Ilustrasi pisang goreng selimut kremes.

2. Baking powder

Baking powder yang biasanya digunakan untuk membuat kue, bisa digunakan untuk membuat gorengan renyah tahan lama.

Baking powder bereaksi dengan udara, sehingga membuat adonan tepung jadi lebih ringan. Hasil gorengan dengan baking powder ini renyah dan ringan.

Perbandingan jumlah baking powder dan tepung untuk membuat gorengan adalah setengah sendok teh baking powder untuk 250 gram tepung.

Baca juga:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.