Kompas.com - 22/05/2021, 17:21 WIB
Ilustrasi bakwan sayuran Shutterstock/Aris SetyaIlustrasi bakwan sayuran

KOMPAS.com – Bakwan merupakan salah satu jenis gorengan yang sangat populer. Biasanya bakwan terbuat dari aneka sayuran seperti wortel dan kol, serta jagung, tahu, hingga udang.

Bakwan identik sebagai gorengan yang renyah di luar dan lembut di dalam. Sensasi kenyal dari tepung bersatu nikmat dengan manisnya sayuran di dalam adonan.

“Bakwan itu bagian pinggirnya saja sih sebenarnya yang renyah. Bagian tengahnya itu kan moist ya biasanya,” kata Corporate Chef Parador Hotels & Resorts Gatot Susanto ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Resep Bakwan Sayur Renyah, Gorengan Murah dan Enak

Berikut ini beberapa tips sederhana dari Gatot untuk membuat bakwan yang renyah tahan lama:

1. Pakai air es

Pertama, kamu bisa mencampur adonan tepung dengan seduhan air dingin atau air es. Air dengan suhu dingin bisa membuat bakwan menjadi semakin renyah nantinya.

Ilustrasi perkedel jagung atau bakwan jagung. SHUTTERSTOCK/RANDY IMANUEL Ilustrasi perkedel jagung atau bakwan jagung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Campur tepung beras

Selain tepung terigu, kamu juga bisa mencampurkan adonan dengan tambahan tepung beras.

“Tapi jangan semuanya (tepung beras) nanti kenyalnya bakwan akan habis, keras dia. mungkin sekitar 20-30 persen boleh,” imbuh Gatot.

3. Tambah kuning telur

Kamu juga bisa mencampurkan kuning telur sedikit saja ke dalam adonan. Tak perlu gunakan bagian putihnya, cukup kuningnya saja. Campur hingga merata ke dalam adonan. Kuning telur ini juga bisa membuat bakwan jadi lebih gurih.

Baca juga: 3 Cara Kurangi Minyak pada Gorengan Tanpa Mesin

Bakwan Juwarak, Kuliner Kebanggaan Pontianak yang Diklaim Terkenal di JakartaIstimewa Bakwan Juwarak, Kuliner Kebanggaan Pontianak yang Diklaim Terkenal di Jakarta

4. Pakai baking soda

Selanjutnya, ada juga opsi menambahkan baking soda ke dalam campuran adonan. Baking soda akan membuat adonan sedikit mengembang dan akhirnya jadi lebih garing.

“Itu bisa juga tapi jangan terlalu banyak, sedikit saja. Sejumput mungkin ya,” ujar Gatot.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X