Kompas.com - 20/07/2021, 09:00 WIB
|

KOMPAS.com - Pada perayaan Idul Adha 2021 ini para jamaah haji di seluruh dunia yang sedang melakukan wuquf di Padang Arofah masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Sama halnya dengan di Indonesia, tingginya kasus Covid mengharuskan pemerintah mengeluarkan imbauan. Yakni shalat Idul Adha 1442 H dapat dilaksanakan dengan sederhana dan menghindari kerumunan massa.

Untuk itulah, Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH, M.Hum., melaksanakan shalat di depan garasi rumah pribadinya di Sukorejo, Banjarsari Surakarta, Selasa (20/7/2021).

Baca juga: Prihatin Kondisi Bangsa, UNS Gelar Doa Bersama Lintas Agama

Adapun shalat Idul Adha yang dipimpin oleh Rektor UNS tersebut diikuti oleh istri, anak, dan saudara yang berjumlah 7 orang peserta.

Rektor yang juga sebagai khotib tersebut dalam khotbahnya menyatakan bahwa Idul Adha kali ini tidak ada luapan kegembiraan.

Ini karena semua sedang berupaya dengan segenap kemampuannya untuk menghindari dari penularan Covid yang mengganas terutama dengan ada varian baru, khususnya varian delta.

"Mengatasi kondisi dewasa ini bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah semata mata, namun pandemi ini menjadi tugas bagi semua lapisan warga bangsa Indonesia," ungkap Prof. Jamal dalam keterangan tertulisnya.

Tak hanya itu saja, Prof. Jamal yang juga sebagai Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) ini juga menyampaikan bahwa umat Muslim harus menjadi tulang punggung dan garda terdepan.

Tentu untuk menyelamatkan diri sendiri maupun orang lain. "Oleh karena itu mari kita viralkan ajakan kita untuk Jogo Tonggo," tuturnya.

Baca juga: PPKM Darurat Jawa Bali, Bagaimana Kuliah Tatap Muka? Ini Skema Rektor UNS

Menurutnya, ajakan itu untuk menyelamatkan semua lapisan masyarakat Indonesia yang beraneka ragam dan mengimbau agar menerima musibah pandemi covid ini dengan kewajaran, kesabaran serta tetap mengikuti anjuran pemerintah dengan disiplin dengan menerapkan 5 M.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.