Kompas.com - 02/07/2021, 05:27 WIB
Tangkapan layar Instagram Prof Jamal Wiwoho. DOK.Instagram Prof JamalTangkapan layar Instagram Prof Jamal Wiwoho.
|

KOMPAS.com - Akhirnya, pemerintah mengumumkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat untuk Jawa dan Bali.

Lantas, bagaimana dengan dunia pendidikan tinggi? Apakah kuliah tatap muka bakal diselenggarakan, atau masih kuliah daring?

Terkait hal itu, Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. H. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum., telah menyiapkan dua skema untuk menghadapi situasi saat ini.

Baca juga: Pakar UNS: Awas, Ini Bahaya Virus Covid Varian Delta

"Rencananya, akhir Agustus 2021 akan dimulai kuliah tatap muka. Tetapi karena perkembangan kasus Covid-19 meningkat, kami akan meninjau ulang rencana itu," ujar Prof. Jamal kepada Kompas.com, Kamis (1/7/2021).

Bahkan untuk masa orientasi mahasiswa baru atau pengenalan kehidupan kampus juga bisa dilaksanakan secara daring, sama seperti tahun lalu.

Menurut Jamal Wiwoho, ada dua skema yang bakal dipergunakan nanti pada pengenalan kehidupan kampus, yakni:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Daring dan luring

Skema pertama ialah membuka diri secara bertahap. Hanya saja, karena masih dalam masa pandemi maka bisa dengan perwakilan mahasiswa untuk ikut pengenalan kehidupan kampus. Yakni datang ke kampus.

"Jadi, ada perwakilan mahasiswa baru yang datang ke kampus. Namun jumlahnya tidak banyak, dan yang lain ikut secara daring bisa dengan zoom meeting," terangnya.

Meski demikian, semua kegiatan di kampus itu juga harus dilaksanakan dengan sangat hati-hati dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.