Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FSRD IKJ dan ISI Surakarta Gelar Sinergi Pengabdian Masyarakat di Jateng

Kompas.com - 06/05/2024, 14:53 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Kesenian Jakarta dengan Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta menjalin kolaborasi pengabdian masyarakat di Desa Juron, Solo, Jawa Tengah jelang akhir April 2024.

Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain IKJ, Anindyo Widito menyampaikan (6/5/2024) pengabdian masyarakat merupakan panggilan dua institusi pendidikan seni Tanah Air untuk berbagi ilmu pengetahuan bersama masyarakat.

“Sebagai bagian dari elemen masyarakat yang berfokus pada keilmuan seni rupa dan desain, kami para pengajar Seni Rupa Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain IKJ ingin berpartisipasi dalam menyebarkan ilmu yang kami miliki kepada masyarakat luas, khususnya di Desa Juron,” ungkapanya.

Lebih jauh Wakil Dekan Bidang Riset, Inovasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Nicholas Wila Adi Pratama menjelaskan, pelaksanaan kegiatan berlangsung pada hari Sabtu, 27 April 2024.

"Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini berkolaborasi dengan pihak Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Surakarta. Sebagai salah satu kota besar di pulau Jawa, Solo memiliki warisan seni tradisi yang kaya dan dilestarikan dengan baik," tambahnya.

"Sehingga tema yang diusung pada kegiatan kali ini adalah menggambarkan kekayaan seni tradisi Solo serta terjalinnya interaksi yang harmonis dengan masyarakat setempat," lanjut Nicholas.

Woodcut dan Mural

Baca juga: Pengabdian Masyarakat UBM Dukung UMKM Penjual Ikan Asin lewat Penguatan Nilai Tambah

Kegiatan berlangsung dalam dua jenis kegiatan yaitu pelatihan woodcut (teknik cetak tinggi) diikuti karang taruna dan kolaborasi mural (lukisan dinding) yang dilakukan bersama mahasiswa-dosen FSRD IKJ dan mahasiswa-dosen FSRD ISI Surakarta pada dinding yang mengelilingi tempat wisata kolam renang.

 

Pelatihan woodcut dan pembuatan mural diselenggarakan di sebuah tempat wisata di Desa Juron yang di dalamnya terdapat pendopo, kolam renang, pembibitan udang, menara, kafe, warung makanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com