Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisuda 2024 Ukrida, Rektor: Kompetensi dan Karakter Jadi Modal Lulusan di Dunia Kerja

Kompas.com - 29/04/2024, 20:57 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) melaksanakan wisuda ke-65 Sarjana dan ke-39 Magister Manajemen pada Sabtu, 27 April 2024 di Pulman Hotel, Jakarta Barat bagi 393 sarjana.

Setelah ibadah awal wisuda yang dilayani Pdt. David Sudarto dari GKI Gunung Sahari, Rektor Ukrida Prof. Herman Parung dalam sambutan menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan.

Prof. Herman menegaskan, Ukrida telah membekali para lulusan dengan kompetensi teruji dan karakter terpuji yang memampukan lulusan bersaing di dunia kerja.

"Dengan dua variabel utama tersebut, yakni kompetensi dan karakter, Ukrida telah memampukan saudara-saudara untuk sukses dalam menghadapi persaingan di dunia kerja," tambahnya.

Prof. Herman menyampaikan, hal ini dibuktikan dengan tracer study rutin Unit Alumni dan Pusat Karir yang menunjukkan masa tunggu lulusan sarjana Ukrida kurang dari 3 bulan setelah mereka lulus.

"Bahkan banyak mahasiswa Ukrida yang telah mendapatkan pekerjaan sebelum mereka lulus kuliah," ungkap Prof. Herman Parung.

Rektor Ukrida melanjutkan, “dua variabel utama ini akan tetap dijaga dan ditingkatkan oleh Ukrida. Kompetensi yang teruji dilakukan dengan senantiasa memperbaharui kurikulum sehingga kurikulum tersusun sesuai dengan tuntutan dunia kerja."

Sementara itu, lanjutnya, dengan memberikan kesempatan luas kepada mahasiswa mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa memiliki pengalaman pendidikan di luar program studinya baik di Ukrida maupun di luar Ukrida.

"Dan ditambah dengan kesempatan untuk magang di dunia industri, sehingga memampukan mahasiswa mengasah dan memperkuat kompetensinya. Hal ini akan berdampak ketika mereka lulus, langsung dapat diterima dengan baik di dunia kerja," lanjut Prof. Herman.

"Sementara itu karakter yang terpuji dijaga oleh Ukrida melalui Unit Pengembangan Karakter, yang mewajibkan mahasiswa Ukrida sebelum lulus harus dapat mengumpulkan minimum 100 poin soft skill," pungkasnya.

Dalam kesempatan sama, Ketua Badan Pengurus YPTK Krida Wacana Oki Widjaja mengingatkan, hari wisuda bukanlah akhir tetapi awal sebuah perjuangan untuk meraih karier. "Sebagai sarjana baru seyogyanya bersyukur karena Ukrida telah melengkapi bidang akademik dengan iman serta nilai-nilai kemanusiaan," ujarnya.

Baca juga: Wisuda Universitas Yarsi, Rektor Tekankan Pentingnya Adaptasi dan Belajar Seumur Hidup

Mengutip perkataan Warren Buffet (investor ternama Amerika), Oki Widjaja mengingatkan,  karakter yang harus dimiliki seorang pemimpin adalah kepandaian, semangat yang tinggi, dan integritas.

"Tanpa integritas walaupun seorang pandai dan bersemangat, tetapi tidak akan bisa menghasilkan sesuatu yang baik bagi kehidupan," tegas Ketua Badan Pengurus YPTK Krida Wacana.

Wisudawan Terbaik Ukrida 2024

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com