Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPG Prajabatan UNJ 2024 Telah Dibuka, Cek Jadwal dan Link Pendaftarannya

Kompas.com - 29/04/2024, 18:55 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek kembali membuka seleksi calon Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Tahun 2024.

Undangan ini terbuka bagi putera dan puteri terbaik bangsa yang memiliki minat, bakat, dan panggilan jiwa menjadi guru.

Seleksi mahasiswa program PPG ini juga bertujuan sebagai percepatan pemenuhan kebutuhan guru pada beberapa bidang studi pada jenjang sekolah dasar dan menengah.

Direktur Pascasarjana UNJ, Prof. Dedi Purwana (29/4/2024) menyampaikan, PPG Prajabatan menciptakan guru profesional yang mampu mengembangkan rencana, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.

"Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan mewujudkan profil pelajar Pancasila, serta memiliki kemampuan kreatif pada Era Revolusi Industri 4.0," tambah Prof. Dedi Purwana.

Dia menegaskan, guru merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan. Untuk dapat membangun dan mencerdaskan bangsa, pendidikan berkualitas harus didukung dengan guru yang berkualitas.

"Oleh karena itu Pendidikan Profesi Guru (PPG) memegang peranan penting dalam penyiapan guru masa depan yang sesuai dengan kebutuhan Indonesia dan tantangan global," tegasnya.

Baca juga: 4 Kuota Bidang Studi PPG Prajabatan 2024 Terbanyak, Ada PGSD

40 Prodi PPG UNJ

Untuk pendaftaran PPG Prajabatan, UNJ sendiri membuka 40 Program Studi berdasarkan pada Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 782/E/O/2023.

Adapun Program Studi tersebut di antaranya:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com