Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besaran UKT Unsoed 2024 Dicabut, Akan Ada Peraturan Baru

Kompas.com - 29/04/2024, 15:54 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Terkait kenaikan UKT Unsoed 2024 (Uang Kuliah Tunggal Universitas Jenderal Soedirman), Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) akhirnya buka suara.

Rektor Unsoed memenuhi janjinya untuk memberikan jawaban atas tuntutan mahasiswa agar Peraturan Rektor Nomor 6 Tahun 2024 tentang Biaya Pendidikan Mahasiswa dicabut, Senin (29/4/2024).

Setelah rapat dengan pimpinan fakultas se-Unsoed, Ketua Lembaga dan unit-unit lainnya, Sabtu (27/4.2024), Rektor menyatakan ketentuan tentang besaran UKT Unsoed tahun 2024 tersebut akan dicabut. Selanjutnya, Unsoed akan menerbitkan peraturan baru.

"Ketentuan tentang UKT ini disesuaikan dengan menimbang masukan dari masyarakat, mahasiswa dan orangtua mahasiswa," terang jelas Wakil Rektor I Unsoed, Dr. Ir. Noor Farid seperti dikutip dari laman Unsoed.

Baca juga: Ini Rincian UKT Unsoed 2024 untuk Semua Jurusan S1

Sedang berkonsultasi dengan Dirjen Dikti

Menurut Noor Farid, ketentuan baru yang diputuskan pada pertemuan pimpinan Unsoed hari Sabtu lalu sedang dikonsultasikan oleh Rektor ke Dirjen Dikti.

Sambil menunggu keputusan lebih lanjut, lanjut dia, registrasi online bagi calon mahasiswa jalur SNBP dihentikan sementara.

"Nanti kembali dibuka, setelah ada keputusan baru. Jadi, jadwal registrasi diundur," papar Noor Farid.

Noor Farid menambahkan, bagi mahasiswa yang sudah registrasi tidak perlu khawatir, karena nanti akan ada penyesuaian.

"Semua akan disesuaikan dengan peraturan baru. Jadi, kalau misalnya ada yang sudah membayar lebih dari ketentuan yang semestinya akan dikembalikan," tegas dia.

Baca juga: Rincian Biaya UKT di UPN Jogja 2024, Tertinggi Rp 16 Juta

Sementara itu, Ketua Unit Layanan Terpadu (ULT) Unsoed, Dr. Ridlwan Kamaluddin menyatakan, bagi mahasiswa atau orangtua yang masih mengalami kebingungan terkait registrasi bisa datang ke ULT, Gedung Administrasi Unsoed Lantai 1.

"Sambil menunggu sistem kembali dibuka, kalau ada yang perlu ditanyakan seputar registrasi, bisa datang ke ULT pada jam kerja atau nanti lewat layanan online yang segera kami rilis," tandas Ridlwan.

Sebelumnya kenaikan UKT Unsoed 2024 viral di media sosial X yang berisi curhatan mahasiswa Unsoed terkait kenaikan UKT untuk tahun akademik 2024/2025.

Baca juga: Mengapa Biaya UKT Bisa Naik? Ini Penjelasannya

Kenaikan UKT Unsoed 2024 dinilai cukup signifikan dibanding tahun lalu dan dinilai menjebak orangtua dan mahasiswa yang sudah dinyatakan lolos di Unsoed tahun akademik 2024/2025.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com