Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Dikritik, Unsoed Batalkan Kenaikan Biaya Kuliah UKT

Kompas.com - 30/04/2024, 14:12 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pimpinan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) memutuskan untuk mencabut Peraturan Rektor Nomor 6 Tahun 2024 tentang Biaya Pendidikan.

Peraturan tersebut dicabut setelah banyak mahasiswa baru Unsoed yang lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 merasa keberatan dengan kenaikan biaya uang kuliah tunggal (UKT) yang baru.

Banyak mahasiswa baru maupun mahasiswa lama di Unsoed yang menilai kenaikan uang UKT tersebut terlalu mahal dan tidak masuk akal.

Baca juga: Besaran UKT Unsoed 2024 Dicabut, Akan Ada Peraturan Baru

"Ketentuan tentang UKT ini disesuaikan dengan menimbang masukan dari masyarakat, mahasiswa dan orangtua mahasiswa," kata Wakil Rektor I Unsoed Noor Farid dikutip dari laman resmi Unsoed, Senin (29/4/2024).

Noor mengatakan, ketentuan baru itu diputuskan pada pertemuan pimpinan hari Sabtu lalu dan saat ini sedang dikonsultasikan oleh Rektor ke Dirjen Dikti Kemendikbud Ristek.

Ia melanjutkan, sambil menunggu keputusan lebih lanjut dari Dirjen Dikti, registrasi online untuk calon mahasiswa jalur SNBP dihentikan sementara.

"Nanti kembali dibuka, setelah ada keputusan baru. Jadi, jadwal registrasi diundur," ujarnya.

Bagi mahasiswa yang sudah registrasi, kata Noor Farid, tidak perlu khawatir, karena nanti akan ada penyesuaian dengan adanya peraturan biaya pendidikan yang baru.

Apabila ada yang sudah membayar UKT sesuai ketentuan lama, kelebihan uangnya akan dikembalikan.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran UI, Unair, UGM, Unpad, Unhas 2024

"Semua akan disesuaikan dengan peraturan baru. Jadi, kalau misalnya ada yang sudah membayar lebih dari ketentuan yang semestinya akan dikembalikan," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Unit Layanan Terpadu (ULT) Unsoed, Ridlwan Kamaluddin menambahkan, bagi mahasiswa atau orang tua yang masih mengalami kebingungan terkait registrasi bisa datang ke ULT, Gedung Administrasi Unsoed Lantai 1.

"Sambil menunggu sistem kembali dibuka, kalau ada yang perlu ditanyakan seputar registrasi, bisa datang ke ULT pada jam kerja atau nanti lewat layanan online yang segera kami rilis," jelas Ridlwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com