Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Asia Tenggara

Kompas.com - 17/05/2024, 16:48 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sistem pendidikan negara-negara di Asia Tengara tak kalah dengan sistem pendidikan dengan negara-negara di Eropa maupun Amerika.

Mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri pakai beasiswa, tak perlu jauh-jauh ke benua lain untuk menempuh pendidikan.

Pasalnya sejumlah negara di Asia Tenggara juga punya sistem pendidikan terbaik. Negara-negara tersebut punya perguruan tinggi yang bisa dipilih untuk serta beasiswa yang bisa dicoba mahasiswa Indonesia.

Dilansir dari akun Instagran kursus bahasa Inggris @titiknolenglish, Jumat (17/5/2024) membagikan informasi mengenai negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara. Selain itu ada pula informasi rekomendasi perguruan tinggi dan beasiswanya. Simak informasinya berikut ini.

Baca juga: Beasiswa S2 ke UK, Kuliah Gratis dan Ada Tunjangan Bulanan

Negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara

1. Singapura

Dengan kondisi geografis yang kecil dibandingkan negara ASEAN lainnya, Singapura menjadi negara yang lebih mudah melakukan percepatan, pemerataan sampai pengawasan kualitas pendidikan yang sudah diimplementasikan.

Jika kamu ingin kuliah di Singapura, ada beberapa rekomendasi kampus yang bisa jadi pilihan. Yakni National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU Singapore) dan Singapore Management University

Sedangkan beasiswa agar bisa kuliah ke Singapura yakni ASEAN Undergraduate Scholarship Program, SINGA Scholarship, Dr Goh Keng Swee Scholarship dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

2. Malaysia

Negara tetangga Indonesia yang juga punya sistem pendidikan terbaik adalah Malaysia. Selain fokus pada sistem pengembangan individu, sistem pendidikan di Malaysia juga dapat diakses dengan mudah dan ramah oleh masyarakat dari berbagai kalangan sosial dan ekonomi yang beragam.

Pilihan kampus untuk kuliah di Malaysia adalah Universiti Malaya, Universiti Sains Malaysia (USM) dan Universiti Putra Malaysia.

Sedangkan referensi beasiswa yang bisa kamu coba daftar yakni Malaysia International Scholarship (MIS), ASEAN Maybank Scholarship dan LPDP.

3. Thailand

Thailand berhasil mengembangkan sistem pendidikan yang memprioritaskan keterampilan praktis kepada para pelajarnya.

Pemerintah Thailand juga telah melakukan banyak pembaruan dalam sistem pendidikan di negaranya. Baik dengan meningkatkan kualitas pengajar hingga memperbanyak fasilitas sekolah.

Rekomendasi kampus untuk kuliah di Thailand yakni Chulalongkorn University, Mahidol University dan Chiang Mai University.

Beasiswa untuk kuliah di Thailand seperti ASEAN Maybank Scholarship, Chulalongkorn University - International Undergraduate Scholarship dan LPDP.

Baca juga: Universitas Al-Azhar Mesir Segera Buka Pendaftaran dan Beasiswa 2024

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com