Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Jalur Seleksi Mandiri ITS 2024 Sudah Buka, Cek Syaratnya

Kompas.com - 08/05/2024, 19:45 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuka pendaftaran beasiswa untuk mahasiswa baru 2024/2025 yang masuk melalui Seleksi Mandiri.

Kepala Subdirektorat Admisi ITS Eng Unggul Wasiwitono mengatakan, seleksi beasiswa ini merupakan peluang emas bagi para calon mahasiswa berprestasi yang ingin menempuh pendidikan di ITS.

"Program seleksi ini bertujuan untuk menjaring putra-putri terbaik bangsa yang memiliki prestasi di berbagai bidang," kata Unggul dikutip dari laman resmi ITS, Rabu (8/5/2024).

Unggul menuturkan, beasiswa ini mengakomodir siswa yang unggul di bidang akademik ataupun non-akademik, seperti robotika, olahraga, atau hafalan Alquran.

Baca juga: Seleksi Mandiri ITS Sudah Dibuka, Bisa Gratis Uang Pangkal

Beasiswa jalur mandiri ITS 2024

Berikut syarat beasiswa seleksi mandiri beasiswa ITS 2024:

1. Peserta wajib memiliki prestasi minimal setingkat provinsi.

2. Pernah menjabat ketua organisasi bisa menjadi penambah nilai dalam seleksi.

3. Calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar pada rumpun desain dapat mengirimkan portofolio karya terbaik mereka dalam seleksi mandiri beasiswa.

Baca juga: Jalur Mandiri ISI Jogja 2024, Catat Jadwal dan Syarat Kesehatannya

Terkait penilaian prestasi, nantinya mahasiwa akan dievaluasi berdasarkan prestasi yang dilampirkan dan nilai rapor yang akan memberikan pengaruh besar dalam proses seleksi.

"Oleh karena itu, nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) para alumni, serta indeks sekolah, juga menjadi faktor penting," ujar Unggul.

Unggul mengungkapkan bahwa siswa yang berhasil lolos dalam seleksi mandiri tidak diwajibkan membayar Iuran Pengembangan Institut (IPI).

Adapun pendaftaran beasiswa ini terbuka sejak 23 April hingga 31 Mei 2024 dam bisa diikuti oleh lulusan SMA atas sederajat, siswa gap year dan penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Baca juga: Biaya Uang Pangkal Jalur Mandiri ITB 2024, Bisa Dicicil Per Semester

Pendaftaran ini juga tidak hanya terbatas pada mahasiswa yang menerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP K), tetapi juga terbuka untuk mahasiswa non-KIPK.

"Tidak ada prioritas khusus dalam seleksi mandiri beasiswa," jelas Unggul.

Jika memerlukan informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini bisa langsung mengunjungi laman resmi https://www.its.ac.id/admission/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com