Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Manfaat Buah Pisang untuk Sahur dan Berbuka Puasa?

Kompas.com - 28/03/2023, 03:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Dari sekian banyak buah, pisang juga dapat dikonsumsi selama Anda menjalankan puasa Ramadan, baik saat sahur maupun berbuka puasa.

Pisang adalah buah yang telah dikenal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Bahkan, buah ini juga disebutkan dalam Al Quran.

Seperti dilansir dari The Healthy Muslims, Selasa (28/3/2023), buah pisang disebut di dalam Surat Al Waqiah ayat 27-33.

Dalam ayat tersebut secara umum menuliskan tentang buah-buahan yang dimakan oleh orang-orang di surga, di antaranya yang disebutkan adalah pisang.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan?

Secara ilmiah, berbagai studi telah menunjukkan manfaat pisang untuk kesehatan. Pisang juga diketahui mengandung berbagai senyawa dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Buah pisang telah ditanam sejak zaman kuno, dan sumber nutrisi penting di dalam buah ini telah diketahui manfaat kesehatannya selama lebih dari satu abad.

Dilansir dari WebMD, pisang berukuran sedang, kaya akan kalium. Mineral ini berperan besar dalam menjaga kesehatan jantung.

Manfaat makan makanan yang kaya akan kalium, seperti yang terdapat dalam buah pisang, dapat membantu tekanan darah, karena mineral tersebut membantu tubuh membuang natrium melalui urine.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com