Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/03/2024, 07:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Kacang merupakan salah satu makanan ringan yang banyak digemari. Kacang tidak hanya memiliki rasa yang enak, tapi juga baik untuk tubuh, terutama jika menyangkut kesehatan jantung.

Namun, beberapa dari kita mungkin masih bertanya-tanya, apakah kacang termasuk dalam kelompok buah atau sayuran?

Kacang adalah buah

Secara botani, kacang-kacangan diklasifikasikan sebagai buah yang mempunyai biji tunggal yang dapat dimakan dan memiliki kulit luar yang keras dan tidak dapat dimakan.

Namun, banyak makanan yang dianggap kacang-kacangan sebenarnya adalah biji dari buah berbiji atau buah yang dagingnya mengelilingi satu cangkang dengan biji di dalamnya.

Baca juga: Mengapa Makan Kacang Bikin Sering Kentut?

Misalnya, almond, kacang mete, kacang Brazil, kenari, pecan, kacang macadamia, pistachio, kacang pinus, dan sebagian besar kacang lainnya secara botani merupakan biji dari buah.

Sementara itu, yang termasuk dalam golongan kacang sejati antara lain kastanya, akorn atau kacang pasang, dan kacang hazel.

Uniknya lagi, kacang tanah, salah satu jenis kacang yang sangat populer di dunia, secara teknis merupakan kacang-kacangan dan secara botani merupakan sayuran.

Meski demikian, profil dan karakteristik nutrisi kacang tanah lebih mirip dengan kacang-kacangan lainnya.

Secara nutrisi, sebagian besar komposisi nutrisi kacang-kacangan tidak mirip dengan buah-buahan karena kandungan protein kacang yang tinggi.

Baca juga: 4 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

Sementara itu, dari sudut pandang dunia kuliner, istilah “kacang” sejalan dengan apa yang dianggap kebanyakan orang sebagai kacang, yakni biji berminyak yang terdapat di dalam cangkang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com