Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasta Gigi Ini Bisa Atasi Reaksi Alergi Kacang yang Parah, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 23/11/2023, 15:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah tim peneliti telah mengembangkan pasta gigi berbahan dasar protein kacang tanah yang dapat mencegah reaksi alergi parah pada penderita alergi kacang.

Pasta gigi ini secara bertahap memasukkan sejumlah kecil alergen kacang ke dalam tubuh pengguna untuk secara bertahap meningkatkan tingkat toleransi mereka. Perawatan dengan pasta gigi ini disebut oral mucosal immunotherapy (OMIT).

Dalam penelitian yang baru-baru ini diterbitkan, para peneliti mempresentasikan hasil uji coba fase satu untuk pengobatan OMIT. Uji coba tersebut berlangsung selama 48 minggu dan melibatkan 32 orang dewasa dengan riwayat alergi kacang.

Dari 32 subjek, 24 orang menyikat gigi menggunakan pasta gigi OMIT minimal satu kali sehari selama 11 bulan. Sedangkan, delapan peserta sisanya menggunakan pasta gigi plasebo.

Tujuan utama dari uji coba ini adalah untuk menguji apakah pasta gigi tersebut cocok untuk digunakan manusia atau tidak.

Baca juga: Bagaimana Logam Membuat Alergi pada Seseorang?

Pada bulan keempat, asupan pasta gigi setiap hari perlahan-lahan ditingkatkan sehingga masing-masing dari 24 peserta penelitian terpapar dengan jumlah yang setara dengan sepertiga biji kacang tanah.

Menurut para peneliti, setiap kali subjek menyikat gigi, mulut mereka menyerap alergen kacang dari pasta tersebut.

Seiring waktu, paparan rutin ini akhirnya membuat sel-sel kekebalan di mulut mereka beradaptasi dengan alergen sehingga mengurangi keparahan reaksi alergi pada subjek.

Beberapa peserta awalnya mengalami gatal-gatal pada mulut dan efek samping ringan lainnya karena pasta gigi ini. Namun, tidak satu pun dari gejala tersebut yang cukup parah sehingga membuat peserta memilih untuk menyelesaikan uji coba.

Uji coba fase pertama membuktikan bahwa pengobatan OMIT berbasis pasta gigi aman untuk orang dewasa dengan alergi kacang. Mempertimbangkan hasil ini, para peneliti kini bertujuan untuk memperluas penelitian mereka pada anak-anak.

Baca juga: Apakah Ada Orang yang Alergi Asap Rokok?

Namun, pasta gigi bukanlah obat ajaib permanen untuk alergi kacang. Sebaliknya, obat ini mungkin berfungsi sebagai pengobatan terhadap reaksi alergi parah akibat paparan kacang yang tidak disengaja.

Apa itu alergi kacang?

Alergi kacang adalah salah satu penyebab paling umum dari serangan alergi parah. Bagi sebagian orang dengan alergi kacang, kacang tanah dalam jumlah kecil sekalipun dapat menyebabkan reaksi serius yang bahkan dapat mengancam jiwa (anafilaksis).

Respon alergi terhadap kacang biasanya terjadi dalam beberapa menit setelah terpapar. Tanda dan gejala alergi kacang dapat meliputi:

  • Reaksi kulit, seperti gatal-gatal, kemerahan atau bengkak
  • Gatal atau kesemutan di dalam atau sekitar mulut dan tenggorokan
  • Masalah pencernaan, seperti diare, kram perut, mual, dan muntah
  • Tenggorokan terasa kencang
  • Sesak napas atau mengi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com