Kompas.com - 19/04/2024, 11:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Apa hal ikonik yang langsung terlintas dalam perhatian saat melihat Pluto?

Ya, itu adalah pola berbentuk hati yang sering dikenal dengan sebutan Tombaugh Regio.

Baca juga: Seperti Apa Permukaan Pluto?

Namun, bagaimana pola hati itu tersebut terbentuk masih merupakan salah satu misteri dari planet katai tersebut.

Tapi kini, peneliti mengatakan bahwa mereka telah menemukan skenario yang paling mungkin dari terbentuknya pola itu.

Skenario yang dimaksud yakni pola hati terbentuk lantaran tabrakan purba dengan benda planet yang lebarnya kurang lebih 644 km.

Istilah ilmiah dari peristiwa yang terjadi itu kemudian menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Nature Astronomy disebut sebagai percikan.

Mengutip Science Alert, Rabu (17/4/2024) astronom Universitas Arizona Adeene Denton yang juga penulis studi mengatakan pembentukan pola hati ini memberikan wawasan penting menuju periode paling awal dalam sejarah Pluto.

"Dengan memperluas penyelidikan kami untuk mencakup skenario pembentukan yang tidak biasa, kami telah mempelajari beberapa kemungkinan baru bagi evolusi Pluto," ungkap Denton.

Dalam studi baru ini, peneliti fokus pada bagian barat pola hati, yang berbentuk tetesan air mata selebar sekitar 1600 km yang disebut Sputnik Planitia.

Wilayah tersebut mengandung bermacam-macam es dan ketinggiannya kira-kira 4 km lebih rendah dibandingkan wilayah Pluto lainnya. Ini merupakan dampak yang sangat besar.