Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Beberapa Orang Tidak Merasa Lapar Saat Stres?

Kompas.com - 01/05/2024, 11:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa orang akan kehilangan nafsu makan mereka ketika stres.

Pertanyaannya, kenapa begitu?

Baca juga: Jerawat Muncul Ketika Stres, Apa Penyebabnya?

Sebelum kita membahas lebih lanjut, mari ketahui terlebih dahulu hal yang mendasar: kenapa kita merasa lapar?

Dikutip dari Science ABC, jawaban sederhananya, kita merasa lapar ya tentu saja karena belum makan selama beberapa waktu.

Namun, lebih jauh dari itu, kita mengonsumsi makanan karena itu memberi kita energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sehingga pada dasarnya, makanan membuat hidup kita tetap berjalan.

Manusia membutuhkan sekumpulan molekul agar tubuh dapat melakukan fungsi paling dasar yang menopang kehidupan, dan molekul yang paling penting adalah glukosa.

Ketika tubuh kekurangan glukosa, reseptor yang ada di perut dan saluran usus mengirimkan sinyal listrik ke hipotalamus (bagian otak).

Penafsiran sinyal-sinyal ini oleh otak memberi perasaan lapar.

Dalam keadaan normal, yaitu saat tidak stres, sistem di atas bekerja dengan baik. Akan tetapi, ketika ada tekanan pada seseorang, dinamikanya berubah.

Bagi nenek moyang kita, penyebab stres hampir selalu datang dalam bentuk ancaman fisik terhadap kehidupan mereka, misalnya saja singa liar yang mengintai dan bersiap menerkam. Ini adalah alasan yang sangat kuat untuk merasa stres.

Ketika situasi tersebut muncul, tubuh memasuki mode fight-or-flight , di mana pilihannya adalah bertarung atau lari menyelamatkan nyawa.

Baca juga: Bagaimana Stres Memengaruhi Nafsu Makan?

Untungnya, saat ini tidak ada ancaman fisik langsung dari binatang buas, tetapi bukan berarti tidak ada pemicu stres dalam kehidupan.

Dunia modern memiliki serangkaian tantangan dan pemicu stres tersendiri yang sangat berperan dalam membuat seseorang stres.

Ketika tubuh memasuki mode fight-or-flight tubuh akan mengindahkan terhadap sebagian besar kebutuhan yang tidak terlalu penting, salah satunya adalah rasa lapar.

Tubuh akan memfokuskan semua sumber dayanya untuk terlibat langsung atau melawan ancaman tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com