Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fase El Nino Sudah Berakhir, Apa yang Terjadi Selanjutnya?

Kompas.com - 18/04/2024, 14:00 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peristiwa cuaca El Nino yang hebat dan perubahan iklim telah membantu mendorong suhu global ke titik tertinggi baru.

Ilmuwan mengatakan, fenomena yang dimulai pada Juni tahun lalu ini telah berakhir.

Baca juga: Apakah Dampak El Nino pada Kesehatan Masyarakat?

Seperti apa kondisi pasca peristiwa El Nino? Apa berikutnya?

Berakhirnya peristiwa El Nino

Peristiwa alami El Nino dimulai pada bulan Juni dan mencapai puncaknya pada bulan Desember. El Nino membawa air hangat ke permukaan Pasifik, sehingga menambah panas pada atmosfer.

Setiap beberapa tahun sekali, terjadinya El Niño membawa perubahan cuaca yang dramatis di banyak belahan dunia. Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) memperkirakan El Nino berlangsung lebih lama hingga April 2024.

Saat ini, The Australian Bureau of Meteorology mengatakan, Samudera Pasifik telah "mendingin secara substansial" dalam seminggu terakhir. Hal tersebut juga menandai berakhirnya peristiwa El Nino.

Namun, apa yang terjadi selanjutnya masih belum pasti, menurut BBC. Serangkaian rekor suhu global bulanan yang tinggi baru-baru ini telah membuat beberapa ilmuwan khawatir bahwa dunia akan memasuki fase baru perubahan iklim yang lebih cepat.

Peristiwa lanjutan setelah El Nino

Rangkaian peristiwa cuaca El Nino masuk ke dalam pola yang disebut El Nino-Southern Oscillation atau ENSO.

Terdapat tiga fase berbeda, El Nino ditandai dengan panas, kondisi netral, atau periode dingin yang disebut La Nina.

Baca juga: Kapan Fenomena El Nino Berakhir?

Dilansir dari laman BBC, peneliti AS baru-baru ini mengatakan ada 60 persen kemungkinan terjadinya La Niña antara bulan Juni-Agustus, dan 85 persen kemungkinan terjadi pada musim gugur.

Namun The Australian Bureau of Meteorology memperkirakan kondisi netral akan bertahan setidaknya hingga bulan Juli. Hal tersebut mengacu pada kenaikan panas lautan global saat ini memungkinkan adanya pengaruh terhadap ENSO.

Efek pendinginan La Nina nantinya juga dapat sedikit memperlambat laju pemanasan global akibat kenaikan suhu Bumi saat periode El Nino.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com