Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Dampak El Nino pada Kesehatan Masyarakat?

Kompas.com - 22/09/2023, 06:30 WIB
Usi Sulastri,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.comEl Nino adalah istilah yang mengacu pada fenomena iklim yang dapat berdampak signifikan pada cuaca global, bahkan bisa berdampak pada kesehatan masyarakat.

Dampak El Nino tak hanya dapat menyebabkan curah hujan rendah dan kekeringan, tetapi lebih dari itu juga bisa memengaruhi kesehatan manusia.

Fenomena El Nino juga dikaitkan dengan munculnya wabah penyakit, yakni melalui perubahan kondisi iklim dan dinamika ekologi.

Dampak El Nino pada kesehatan

Lantas, apakah dampak El Nino yang bisa memengaruhi kesehatan masyarakat?

Dilansir dari Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (21/9/2023), ada beberapa penyakit yang dapat muncul sebagai dampak fenomena El Nino.

Baca juga: Apakah Dampak Fenomena El Nino pada Suhu Global?

Berikut dampak-dampak El Nino yang bisa berakibat pada kesehatan masyarakat.

  • Peningkatan suhu dan penularan penyakit dari nyamuk

El Nino terkait dengan kenaikan suhu yang lebih tinggi dan perubahan pola curah hujan, dampaknya dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk perkembangbiakan nyamuk.

Hal ini meningkatkan prevalensi penyakit seperti malaria, demam berdarah, dan virus Zika karena nyamuk berkembang biak dalam kondisi yang lebih hangat dan lembap.

  • Penyakit yang muncul karena banjir

Banjir adalah salah satu dampak El Nino yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi. Banjir selama El Nino dapat mencemari sumber air, menyebabkan penyebaran penyakit yang ditularkan melalui air seperti kolera, tifus, dan hepatitis A.

Praktik sanitasi dan kebersihan yang buruk memperparah risiko penularan penyakit ini.

  • Masalah gizi

Kekeringan akibat dampak El Nino dan gangguan pada siklus pertanian dapat menyebabkan kelangkaan pangan dan masalah gizi. Sistem kekebalan tubuh yang terkendala oleh nutrisi yang tidak mencukupi membuat populasi menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

Baca juga: Apakah Dampak El Nino pada Kehidupan Manusia?

 

  • Pengaruh pada kesehatan mental

Fenomena El Nino juga berdampak dapat perubahan cuaca. Cuaca buruk dan bencana terkait, dapat memaksa orang meninggalkan rumah mereka, kehilangan mata pencaharian, dan peningkatan stres.

Dampak El Nino juga bisa menyebabkan gagal panen, penurunan produktivitas pertanian, dan ketidakstabilan ekonomi dapat menyebabkan tekanan finansial dan ketidakpastian tentang masa depan, yang memengaruhi kesejahteraan mental.

Ketegangan yang disebabkan oleh tantangan terkait El Nino dapat menyebabkan ketegangan sosial, konflik dalam komunitas, dan penurunan kohesi sosial, yang pada akhirnya berdampak pada kesehatan mental.

Mengenal El Nino

El Nino adalah pola iklim yang menggambarkan pemanasan permukaan air yang signifikan dan tidak biasa di Samudra Pasifik tropis timur, dikutip dari National Geographic.

Baca juga: Apakah Dampak Fenomena El Nino terhadap Cuaca di Indonesia?

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com