Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Dampak Fenomena El Nino terhadap Cuaca di Indonesia?

Kompas.com - 01/05/2023, 16:31 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Fenomena El Nino diperkirakan akan melanda Indonesia pada Agustus mendatang. Fenomena ini terjadi karena pemanasan suhu muka laut.

Seperti diberitakan Kompas.com, El Nino adalah fenomena cuaca yang dapat mempengaruhi curah hujan, yang mana perubahan pola iklim ini dapat memicu kekeringan di wilayah Indonesia.

Definisi El Nino, seperti dikutip dari Buku Tanya Jawa: La Nina, El Nino dan Musim di Indonesia, yang dipublikasikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), merupakan istilah yang berasal dari bahasa Spanyol yang artinya adalah 'anak laki-laki'.

Fenomena iklim ini telah muncul selama berabad-abad. Oleh karenanya, para nelayan di Peru menamainya sebagai El Nino de Navidad yang disamakan dengan nama Kristus yang baru lahir.

Baca juga: Apakah Dampak Gelombang Panas Laut terhadap Kehidupan Bintang Laut?

Fenomena El Nino ditandai dengan naiknya suhu muka laut. Selain berdampak bagi Indonesia, dampak El Nino juga dapat terjadi secara global.

Seperti diberitakan Kompas.com, apabila fenomena El Nino terjadi di sebagian Benua Asia dan Benua Australia, maka wilayah-wilayah tersebut akan mengalami musim kemarau panjang.

Sedangkan jika El Nino terjadi di sebagian Benua Amerika, maka wilayah yang terdampak akan mengalami musim hujan yang cukup panjang.

Dampak El Nino di Indonesia

Jadi, apa saja dampak fenomena El Nino terhadap cuaca Bumi?

Baca juga: Apakah Dampak Fenomena Solstis Matahari 22 Desember pada Bumi?

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com