Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2023, 06:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Polusi udara di Jakarta semakin mengkhawatirkan dan menyebabkan berbagai dampak terhadap kesehatan, termasuk pada anak-anak.

Dampak polusi udara di Jakarta yang terjadi akhir-akhir ini, semakin signifikan memengaruhi kesehatan masyarakat.

Menurut Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia, Dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K), banyak pasien-pasien anak yang mengalami batuk dan pilek, atau salesma.

"Angkanya (pasien anak) meningkat signifikan. Apakah (disebabkan) karena polusi udara atau virus, itu yang kita belum tahu," kata Piprim dalam Seminar Media mengenai “Dampak Polusi Udara bagi Kesehatan Anak", Jumat (18/8/2023).

Penyebab lain gangguan kesehatan pada anak, kata Piprim, kemungkinan karena saat ini masyarakat mulai terbiasa dengan situasi udara yang bersih pada saat pandemi. 

Di masa itu, banyak orang yang melakukan pekerjaan lebih banyak di rumah (WFH), sehingga tidak banyak polusi.

Saat situasi normal dan polusi udara meningkat, dampaknya, membuat mereka mudah mengalami gangguan kesehatan.

Baca juga: Apakah Dampak El Nino pada Kehidupan Manusia?

"Namun, ketika situasi kembali normal, polusi udara kembali terjadi. Akan tetapi, yang jelas, kita perlu menjaga anak-anak kita tetap dapat tumbuh kembang dengan baik," jelas Piprim.

Anggota Unit Kerja Koordinasi (UKK) Respirasi IDAI, dr. Darmawan Budi Setyanto, SpA(K) menjelaskan, polusi udara terjadi karena lingkungan terkontaminasi dan perubahan komposisi udara.

Oksigen dalam udara adalah zat yang sangat penting bagi manusia, jika itu terkontaminasi oleh zat berbahaya, maka dampak pada kesehatan tubuh juga akan sangat buruk.

"Ada tiga organ penting dalam tubuh kita yang mudah terpejan (terpapar) dengan luar, yaitu kulit, saluran pernapasan, dan saluran cerna," ungkap Darmawan.

Berbagai partikulat berbahaya yang terkandung dalam polusi udara, seperti karbon monoksida hingga sulfur, bisa menyebabkan efek buruk bagi kesehatan saluran pernapasan.

Dampak polusi udara pada kesehatan anak

Polusi udara memiliki dampak kesehatan yang sangat serius, tak hanya pada orang dewasa, tetapi juga bagi anak-anak.

Darmawan mengungkapkan polusi udara adalah pembunuh diam-diam, yang mana telah menyebabkan 7 juta kematian pada penduduk dunia karena berbagai penyakit yang ditimbulkan.

Baca juga: Apakah Dampak Fenomena El Nino terhadap Cuaca di Indonesia?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com