Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Manfaat Madu untuk Menjaga Sistem Imunitas Tubuh?

Kompas.com - 09/03/2022, 16:01 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Madu sudah begitu masyhur dan dikonsumsi banyak orang di Indonesia. Madu mempunyai beragam manfaat kesehatan yang dapat membantu memaksimalkan sistem imunitas tubuh.

Sistem imun merupakan semua mekanisme tubuh untuk mempertahankan keutuhannya terhadap bahaya, baik yang berasal dari luar tubuh maupun dari dalam tubuh sendiri,” ujar Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia Dr. (Cand) dr. Inggrid Tania, M.Si dalam seminar yang diadakan Combiphar, Rabu (9/3/2022).

Kekebalan tubuh diperlukan untuk memberikan pertahanan terhadap patogen dan melindungi tubuh, terutama dari infeksi.

Sistem kekebalan yang lemah dapat menjadi penyebab meningkatnya kerentanan tubuh terhadap infeksi dan memungkinkannya menjadi lebih parah.

“Infeksi dalam tubuh memunculkan respons inflamasi atau peradangan sebagai reaksi sistem kekebalan tubuh alami untuk melawan serangan penyakit,” tutur dia.

Meskipun mempunyai fungsi yang baik, lanjut Inggrid, proses inflamasi yang terjadi dalam jangka panjang terkadang merugikan dan membahayakan bagi tubuh.

Baca juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Madu Akasia untuk Kesehatan

“Sehingga mengurangi peradangan penting untuk dilakukan, salah satunya melalui pemenuhan nutrisi yang mengandung zat-zat yang dapat menghambat terjadinya peradangan yang berlebihan,” kata Inggrid menjelaskan manfaat madu untuk membentuk sistem imunitas tubuh.

Manfaat madu dalam pengoptimalan sistem kekebalan tubuh

Ia memaparkan, status nutrisi yang buruk atau defisiensi mikronutrien dan ketidakseimbangan status oksidan-antioksidan dalam tubuh seringkali dikaitkan dengan inflamasi dan stres oksidatif.

Selain itu, dikaitkan juga dengan peningkatan risiko infeksi, yang pada gilirannya dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

“Melalui pengendalian defisiensi nutrisi dan perbaikan status antioksidan yang memadai, dapat meningkatkan respons imun pada fase infeksi,” ujarnya.

Tak hanya itu, mengonsumsi bahan makanan dengan kapasitas anti-inflamasi dan anti-oksidan yang sangat tinggi juga dapat membantu membangun kekebalan yang optimal.

Untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh dan terhindar dari risiko infeksi serta peradangan, terdapat beberapa mikronutrien dan senyawa antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh, yang mana hal itu salah satunya terkandung dalam manfaat kesehatan madu.

Baca juga: 5 Khasiat Madu untuk Kesehatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com