Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/02/2023, 08:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Serat tak hanya penting bagi orang dewasa. Bagi anak-anak, manfaat serat juga sama pentingnya untuk menyehatkan pencernaan serta bagi tumbuh kembang anak.

Sama halnya orang dewasa, manfaat serat juga sangat dibutuhkan oleh anak. Sebab, serat adalah bagian dari bahan bakar pertumbuhan dan perkembangan normal anak.

Dilansir dari Medical Xpress, Senin (13/2/2023), serat dapat membantu anak merasa kenyang lebih lama, mengontrol gula darah, hingga mengurangi kolesterol, menutu Children's Health of Orange County, California (CHOC).

"Kami melihat peningkatan dalam manajemen penyakit seperti diabetes dengan lonjakan gula darah yang lebih rendah setelah makan saat asupan serat cukup. Peningkatan kepuasan dan rasa kenyang dari makanan yang kita konsumsi terbukti saat mengandung lebih banyak serat, dan ini pada akhirnya berdampak pada manajemen berat badan," kata Stephanie Di Figlia-Peck, koordinator nutrisi di Cohen Children's Medical Center di New York City.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal BMC Pediatrics belum lama ini menemukan bahwa hanya sedikit anak kecil yang mendapatkan jumlah serat yang direkomendasikan dalam makanan mereka.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan?

Padahal, anak-anak bisa memperoleh serat yang cukup dengan makan biji-bijian, buah-buahan, sayuran, selai kacang dan kacang-kacangan, serta lebih sedikit lemak.

"Serat cenderung disalahpahami, konstituen makanan yang jarang ada yang dihindari banyak orang. Hal ini terutama berlaku untuk anak muda saat ini yang makan lebih banyak makanan olahan, dan ultra-olahan, daripada generasi sebelumnya," kata Di Figlia-Peck.

Manfaat serat untuk anak

Penting digarisbawahi, bahwa serat tidak seperti nutrisi lainnya, tubuh tidak benar-benar 'mencernanya'.

Seperti dikutip dari WebMD, serat akan melewati usus, dan ini akan membantu anak mengekstraksi dan mencerna nutrisi penting dari semua makanan yang mereka makan.

Jadi apa saja manfaat serat untuk anak-anak?

Baca juga: Apa Saja Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com