Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Pare Bermanfaat untuk Mengatasi Diabetes?

Kompas.com - 27/03/2023, 17:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Pare memiliki rasa yang pahit, namun dengan cara mengolah yang tepat, pare dapat disajikan sebagai hidangan yang lezat.

Pare mengandung banyak nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat pare yang populer adalah menurunkan gula darah, yang menurut beberapa penelitian, berarti dapat membantu pengobatan diabetes.

Manfaat pare untuk diabetes

Pare dikaitkan dengan penurunan gula darah tubuh. Ini karena pare memiliki sifat seperti insulin, yang membantu membawa glukosa ke dalam sel untuk energi.

Dilansir dari Healthline, konsumsi pare dapat membantu sel tubuh menggunakan glukosa dan memindahkannya ke hati, otot, dan lemak. 

Baca juga: Benarkah Daging Tidak Perlu Dicuci Sebelum Dimasak?

Pare juga dapat membantu tubuh mempertahankan nutrisi dengan menghalangi konversi menjadi glukosa yang berakhir di aliran darah.

Pare bukanlah pengobatan atau obat yang disetujui untuk pradiabetes atau diabetes, meski ada bukti bahwa pare dapat mengatur gula darah.

Beberapa penelitian telah meneliti pare dan diabetes. Sebagian besar merekomendasikan untuk melakukan lebih banyak penelitian sebelum menggunakan buah ini dalam bentuk apa pun untuk mengontrol diabetes.

Berikut adalah dua penelitian yang membahas pare dan diabetes:

  • Sebuah laporan di Cochrane Database of Systematic Review menyimpulkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengukur efek pare pada diabetes tipe 2. Laporan itu juga menyebutkan perlunya penelitian lebih lanjut tentang bagaimana pare dapat digunakan untuk terapi nutrisi.

Baca juga: Benarkah Lemon Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi?

  • Sebuah studi di Jurnal Etnofarmakologi membandingkan efektivitas pare dengan obat diabetes saat ini. Studi tersebut menyimpulkan pare memang mengurangi kadar fruktosamin pada peserta diabetes tipe 2. Namun, pare kurang efektif daripada dosis yang lebih rendah dari obat yang sudah disetujui.

Dengan demikian, belum ada kesepakatan secara medis untuk mengonsumsi pare sebagai pengobatan diabetes.

Saat ini, pare disarankan untuk dimakan sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan bervariasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com