Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koala Resmi Terancam Punah, Australia Diambang Kehilangan Ikon Nasional

Kompas.com - 12/02/2022, 16:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Australia secara resmi mendaftarkan koala sebagai spesies yang terancam punah. Negara ini pun terancam kehilangan hewan ikoniknya.

Forbes melaporkan, diperlukan perlindungan lebih untuk spesies ini, yang telah mengalami penurunan jumlah secara drastis.

Hewan berkantung tersebut telah berjuang untuk bertahan hidup dari dampak kebakaran hutan, pembukaan lahan, kekeringan, dan penyakit.

Konservasionis memaparkan, populasi koala telah berkurang di sebagian besar wilayah Australia selama dua dekade terakhir dan memperingatkan hewan ini menuju kepunahan.

Menteri Lingkungan Sussan Ley menyampaikan, penetapan populasi koala sebagai spesies terancam punah memberikan tingkat pelrindungan yang lebih tinggi untuk hewan ini di New South Wales, wilayah Ibu Kota Australia, dan Queensland.

Satu dekade sebelumnya, Koala, simbol satwa liar unik Australia yang diakui secara global, telah terdaftar sebagai spesies rentan di pantai timur hanya satu dekade sebelumnya.

Baca juga: Australia Resmi Masukkan Koala dalam Daftar Hewan yang Terancam Punah

 

“Kami mengambil tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk melindungi koala,” ujar Sussan Ley dilansir dari Science Alert, Sabtu (12/2/2022).

Sussan Ley menyoroti janji pemerintah yang menganggarkan dana sebesar 36 juta dollar AS untuk melindungi dan memulihkan habitat koala.

Sementara itu, para pemerhati lingkungan menyambut baik status baru koala sebagai spesies hewan terancam punah, tapi kecewa atas kegagalan Australia untuk melindungi spesies ini.

“Koala telah berubah dari tidak terdaftar menjadi rentan, menjadi terancam punah dalam satu dekade. Ini penurunan yang sangat cepat,” ujar ilmuwan konservasi WWF-Australia Stuart Blanch.

Konservasionis mengatakan, sulit memberikan angka pasti terkait populasi koala di negara bagian timur yang terkena dampak.

Namun, diperkirakan jumlah koala telah merosot dari 185.000 individu pada tahun 2001 menjadi hanya 92.000 individu pada tahun 2021. Jumlah populasi yang terus menurun menyebabkan koala terancam punah

Baca juga: Kebakaran Australia Berakhir, Koala Mulai Dilepas Kembali ke Alam Liar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com