Kebakaran Australia Berakhir, Koala Mulai Dilepas Kembali ke Alam Liar

Kompas.com - 03/04/2020, 20:03 WIB
Ilustrasi Koala yang dilepaskan ke alam liar setelah sebelumnya diselamatkan dari kebakaran hutan di Australia. Ilustrasi Koala yang dilepaskan ke alam liar setelah sebelumnya diselamatkan dari kebakaran hutan di Australia.


KOMPAS.com- Ada kabar baik di di tengah-tengah hiruk pikuk dunia saat ini. Seiring berakhirnya musim kebakaran Australia pada 31 Maret lalu, koala-koala yang mendapatkan perawatan di kebun binatang dan juga rumah sakit hewan, mulai dikembalikan ke alam liar.

Seperti melansir The Independent, Kamis (2/4/2020), koala secara bertahap dilepaskan ke alam liar yang tersebar di beberapa tempat.

Organisasi konservasi yang berbasis di Sydney, Science for Wildlife telah melepaskan 12 koala ke habitat alami di Blue Mountains pada akhir Maret lalu.

Baca juga: Kendalikan Populasi, Australia Selatan Pasang KB Implan untuk Koala

"Kami telah melakukan serangkaian penilaian untuk mengetahui kapan kondisi sudah cukup baik untuk melepaskan koala. Kami senang akhirnya mengirim mereka pulang," kata Dr Kellie Leigh, direktur eksekutif Science for Wildlife.

Pelepasliaran ini pun juga bisa berjalan lancar lantara hujan nampaknya cukup banyak membantu pertumbuhan pohon-pohon baru yang dapat mendukung koala-koala untuk makan.

Selanjutnya, organisasi nirlaba itu juga akan terus memantau para koala ini dengan menggunakan pelacak radio untuk memastikan kondisi koala.

Baca juga: Spesies Siput ini Lolos dari Kebakaran Hutan Australia, Kok Bisa?

Sementara itu koala lain juga dilepaskan di bagian lain New South Wales. Staf dan sukarelawan di Port Macquarie Koala Hospital yang berjarak 4 jam perjalanan dari Sydney, melepaskan koala pertama pada 2 April.

Koala bernama Anwen inilah yang menjadi koala pertama yang kembali ke habitatnya. Total akan ada 26 koala lagi yang akan menyusul Anwen.

Baca juga: Serba Serbi Hewan, Koala Juga Punya Sidik Jari Mirip Manusia

Sue Ashton, kepala Port Macquarie Koala Hospital mengatakan Anwen adalah koala betina pertama berusia empat tahun yang diterima saat kebakaran dan pemulihannya luar biasa.

"Pelepasannya menandai momen yang membanggakan bagi Australia untuk melihat populasi dan habitat koala pulih dari peristiwa yang menghancurkan," ungkap Ashton.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X