Kompas.com - 12/02/2022, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Baru-baru ini, penelitu mengidentifikasi bukti pertama penyakit pernapasan pada dinosaurus herbivora berleher panjang, sauropoda.

Identifikasi tersebut berdasarkan studi pada fosil dinosaurus yang dijuluki 'Dolly'.

Mengutip Science Alert, Jumat (11/2/2022) fosil tersebut memperlihatkan struktur cacat di tulang leher sauropoda yang hidup sekitar 150 juta hingga 145 juta tahun lalu selama periode Jurassic.

Penampakan tulang yang tak normal kemungkinan disebabkan oleh infeksi pernapasan hebat dan menyebabkan kematian hewan itu saat berusia 15 hingga 20 tahun.

Fosil Dolly sebenarnya sudah ditemukan sejak 1990 di Montana. Namun setelah membawa ke Museum of the Rockies, fosil tersebut tak diperiksa selama lebih dari satu dekade.

Penulis utama studi Cary Woodruff kemudian mulai mempelajari Dolly pada pertengahan 2000an dan menyadari fosil berasal dari spesies yang belum terdeskripsikan dalam famili Diplodocus Diplodocidae.

Woodruff pun kembali ke situs tempat Dolly awalnya digali, untuk melihat apakah ada tulang lagi yang bisa ditemukan. Butuh waktu hingga 2018 bagi Woodruff untuk mengumpulkan semua bahan yang tersedia dan memeriksanya bersama.