Temuan Fosil Bayi Dinosaurus Meringkuk Ungkap Petunjuk Evolusi Dinosaurus

Kompas.com - 22/12/2021, 20:03 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Embrio dinosaurus yang masih terawetkan dengan baik ditemukan di China selatan. Embrio bayi dinosaurus yang menyerupai burung ini masih tersembunyi di balik telur dengan posisi meringkuk yang hampir menetas.

Pose meringkuk ini yang menarik para peneliti. Pasalnya pose yang dikenal sebagai perilaku menyelipkan untuk membantu menetas dari telurnya, belum pernah didokumentasikan pada dinosaurus.

Temuan embrio dinosaurus yang dijuluki Bayi Yingliang ini pun memberikan wawasan yang belum pernah dilihat sebelumnya mengenai perkembangan dinosaurus.

"Embrio dinosaurus di dalam telurnya adalah salah satu fosil terindah yang pernah saya lihat," kata Steve Brusatte, penulis studi dan paleontolog dari University of Edinburgh.

Mengutip Science Alert, Rabu (22/12/2021) menurut peneliti embrio tersebut berusia antara 72 hingga 66 juta tahun.