Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fosil Dinosaurus di Argentina Jadi Mahluk Terbesar di Bumi yang Pernah Ditemukan

Kompas.com - 21/01/2021, 08:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Para ahli telah menemukan sisa-sisa dari dinosaurus raksasa di Argentina. Ahli percaya jika fosil tersebut bisa menjadi salah satu mahluk terbesar yang pernah berjalan di Bumi.

Seperti dikutip dari CNN, Rabu (20/1/2021) paleontolog menemukan sisa-sisa fosil berusia 98 juta tahun di Provinsi Neuquen di Patagonia barat laut Argentina, dalam endapan sedimen tebal yang dikenal sebagai Formasi Candeleros.

Dari 24 tulang belakang pada ekor dan elemen panggul serta dada, peneliti menduga juga fosil merupakan milik titanosaurus yang masuk dalam kelompok sauropoda.

Baca juga: Hidup Sejak Zaman Dinosaurus, Kenapa Fisik Buaya Tak Banyak Berubah?

Kelompok ini memiliki ciri ukuran tubuh yang besar, leher dan ekor yang panjang serta berjalan dengan empat kaki.

Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Cretaceous Research, para ahli pun mengatakan jika temuan tersebut sebagai salah satu sauropoda terbesar yang pernah ditemukan.

Namun tanpa menganalisis tulang humerus atau femur dinosaurus, para ahli belum dapat mengatakan berapa berat mahluk itu.

"Ini adalah dinosaurus besar, tapi kami berharap dapat menemukan lebih banyak kerangka dalam studi di masa mendatang. Jadi kami akan memiliki kemungkinan untuk membahas dengan yakin seberapa besar ukuran dinosaurus," ungkap Alejandro Otero, paleontolog dari Museo de La Plata.

Meski belum pasti, ahli menyebut jika fosil kemungkinan memiliki massa tubuh melebihi atau sebanding dengan Patagotitan atau Argentinosaurus.

Baca juga: Seperti Burung, Dinosaurus Ternyata Juga Mengerami Telurnya

Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com