Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlari 45 Km per Jam, Ini Salah Satu Dinosaurus Tercepat yang Diketahui

Kompas.com - 11/12/2021, 20:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekitar 100 juta tahun yang lalu, dinosaurus pemangsa sepanjang 5 meter berkeliaran di planet ini. Penelitian baru mengungkap dinosaurus tercepat yang bisa berlari dengan kecepatan 45 km per jam.

Dinosaurus tersebut diduga dari spesies Spinosaurus atau Carcharodontosaurus, yang diketahui mampu berlari dengan kecepatan hingga 45 km per jam saat berburu mangsa di wilayah yang sekarang disebut Spanyol utara.

Hal tersebut membuat hewan itu menjadi salah satu dinosaurus tercepat yang diketahui.

Mengutip New Scientist, Sabtu (11/12/2021) kesimpulan tersebut didapat peneliti usai menganalisis jejak fosil dinosaurus.

Jejak kaki dinosaurus berjari tiga ditemukan di situs La Rioja, Spanyol sekitar 35 tahun yang lalu.

Namun setelah dilakukan penggalian lebih lanjut di situs tersebut, peneliti mampu mengungkap lebih banyak jejak fosil dinosaurus.

Baca juga: Jejak Dinosaurus di Texas Tampak Aneh, Peneliti Menduga Jejak Kaki Depan Sauropoda

 

Total ada lima jejak kaki dinosaurus yang membentuk satu lintasan pendek, serta tujuh jejak kaki yang membentuk lintasan berbeda. Menunjukkan jejak kaki dinosaurus yang kemungkinan sedang berlari dengan kecepatan sangat cepat.

Jejak-jejak itu dibuat oleh dua dinosaurus berukuran sedang. Masing-masing setinggi sekitar 2 meter dan panjang 4 hingga 5 meter.

Kemungkinan keduanya merupakan keluarga Spinosaurus atau Carcharodontosaurus.

Untuk mengetahui pergerakan mereka, Angelica Torices dari University of La Rioja bersama rekan-rekannya menganalisis jejak kaki serta panjang langkahnya.

Mereka kemudian memasukkan informasi tersebut ke dalam persamaan yang sebelumnya ditunjukkan untuk menggambarkan hubungan antara panjang langkah dan kecepatan berbagai vertebrata yang berlari, salah satunya termasuk manusia.

Analisis terhadap fosil jejak kaki dinosaurus ini mengungkapkan bahwa dinosaurus itu termasuk salah satu dinosaurus yang tercepat yang pernah diketahui yang kemungkinan dapat berlari mengejar mangsanya dengan kecepatan hingga 45 km per jam.

Baca juga: Dinosaurus Baru di Italia, Fosil Terbesar yang Pernah Ditemukan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com