Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Temukan Dua Spesies Baru Dinosaurus Predator di Inggris

Kompas.com - 01/10/2021, 12:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Temuan fosil dinosaurus baru berhasil menguak jika jutaan tahun yang lalu ada dua spesies dinosaurus yang memiliki tengkorak tipe buaya pernah berburu mangsa di tepi sungai di Isle of Wight, Inggris.

Para ilmuwan kemudian memberi nama ilmiah Ceratosuchops inferodios yang berarti 'burung bangau neraka bertanduk yang berwajah buaya' serta Riparovenator milnerae yang artinya 'pemburu tepi sungai'.

Predator tersebut menurut mereka merupakan spesies awal spinosaurid, yang memiliki ukuran lebih besar dari Tyrannosaurus rex.

Sebelumnya, hanya satu jenis spinosaurid yang ditemukan di Inggris, dikenal sebagai Baryonyx.

Baca juga: Spesies Dinosaurus Baru, Pemburu Fosil Inggris Temukan Tulang Sepupu T.rex

"Kami sudah mengetahui beberapa dekade jika akan ada dinosaurus mirip Baryonyx yang akan ditemukan. Namun, menemukan dua fosil baru ini dalam waktu yang dekat merupakan sebuah kejutan besar," kata Darren Naish, salah satu penulis studi dan ahli paleontologi dalam sebuah pernyataan.

Mengutip Live Science, Kamis (30/9/2021), meski dua spesies dinosaurus tersebut teridentifikasi hanya dari beberapa tulang, tetapi menurut peneliti fragmen tulang yang ditemukan sangat jelas karena, termasuk cangkang otak dan gigi dinosaurus.

Cangkang otak berisi banyak petunjuk anatomi untuk mengetahui spesies yang berbeda, termasuk penempatan saraf dan perlekatan otot.

"Kami menemukan tengkorak tak hanya berbeda dari Bayonyx tetapi juga satu sama lain, menunjukkan Inggris memiliki keragaman spinosaurid yang lebih besar daripada yang diperkirakan sebelumnya," ungkap Chris Barker, penulis utama studi dua fosil dinosaurus predator ini.

Baca juga: Kanibalisme Antar Spesies Dinosaurus Karnivora Pernah Terjadi, Ini Buktinya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com