Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinosaurus Terbang dari Australia Ini Diklaim aebagai Pterosaurus Terbesar

Kompas.com - 12/08/2021, 08:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Dinosaurus terbang, Pterosaurus, penguasa langit Australia pada 110 juta tahun yang lalu itu disebut naga paling menakutkan dan diklaim sebagai pterosaurus terbesar yang pernah ada.

Reptil terbang ini memiliki sayap dengan lebar mencapai tujuh meter dan mulut penuh taring. Pterosaurus baru yang ditemukan ini disebut menguasai langit di laut timur Australia.

Spesies pterosaurus terbesar yang pernah ditemukan di benua Australia.

Dilansir dari Science Alert, Selasa (10/8/2021), penemuan fosil dinosaurus terbang ini sangat penting dalam memberikan kontribusi pada pemahaman tentang keberagaman pterosaurus di Australia.

"Ini adalah hal yang paling dekat yang kita miliki dengan naga kehidupan nyata," kata ahli paleontologi Tim Richards dari University of Queensland di Australia.

Richards mengatakan bahwa pterosaurus baru ini diberi nama Thapunngaka shawi. Menurutnya, spesies dinosaurus terbang ini akan menjadi binatang yang menakutkan, dengan mulut seperti tombak dan lebar sayap sekitar tujuh meter.

Baca juga: Dinosaurus Bersayap Mirip Kalkun, Fosil Pterosaurus Kecil Ditemukan

 

Fosil dinosaurus terbang yang ditemukan di Australia ini berupa tengkorak dengan leher yang panjang, dibalut dengan sepasang sayap panjang.

Richards menggambarkan bahwa makhluk ini akan tampak sangat menakutkan. Saat si Naga Terbang itu melintas di atas dinosaurus kecil akan membuat semacam bayangan besar dan membuat dinosaurus di bawahnya gemetaran.

Sisa fosil pterosaurus di Australia sangat langka. Seperti burung di masa kini, tulang dinosaurus yang dijuluki Naga Terbang ini menakutkan, tampak berlubang dan rapuh.

Akibatnya, banyak fosil pterosaurus tidak terawetkan dengan baik, bahkan hanya sedikit yang bisa bertahan hingga hari ini.

Kurang dari 20 spesimen telah dideskripsikan dari benua itu, dan hanya tiga spesies dinosaurus terbang ini yang diberi nama, sebelum T. shawi.

Peneliti mengungkapkan hanya ada dua pterosaurus Australia yang termasuk dalam kelompok yang dikenal sebagai dinosaurus terbang pterosaurus anhanguerian.

Baca juga: Monkeydactyl, Dinosaurus Terbang dari China yang Bisa Panjat Pohon

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com