Dinosaurus Terbang dari Australia Ini Diklaim aebagai Pterosaurus Terbesar

Kompas.com - 12/08/2021, 08:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Dinosaurus terbang, Pterosaurus, penguasa langit Australia pada 110 juta tahun yang lalu itu disebut naga paling menakutkan dan diklaim sebagai pterosaurus terbesar yang pernah ada.

Reptil terbang ini memiliki sayap dengan lebar mencapai tujuh meter dan mulut penuh taring. Pterosaurus baru yang ditemukan ini disebut menguasai langit di laut timur Australia.

Spesies pterosaurus terbesar yang pernah ditemukan di benua Australia.

Dilansir dari Science Alert, Selasa (10/8/2021), penemuan fosil dinosaurus terbang ini sangat penting dalam memberikan kontribusi pada pemahaman tentang keberagaman pterosaurus di Australia.

"Ini adalah hal yang paling dekat yang kita miliki dengan naga kehidupan nyata," kata ahli paleontologi Tim Richards dari University of Queensland di Australia.

Richards mengatakan bahwa pterosaurus baru ini diberi nama Thapunngaka shawi. Menurutnya, spesies dinosaurus terbang ini akan menjadi binatang yang menakutkan, dengan mulut seperti tombak dan lebar sayap sekitar tujuh meter.