Dinosaurus Bersayap Mirip Kalkun, Fosil Pterosaurus Kecil Ditemukan

Kompas.com - 16/10/2020, 20:02 WIB
Dinda Zavira Oktavia ,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Potongan fosil dinosaurus dari spesies pterosaurus ditemukan tim paleontologi dari universitas Portsmouth dan Bath.

Para ahli cukup terkejut dengan penemuan tersebut, pasalnya, fosil tersebut memiliki tekstur tulang yang tidak biasa, yang hanya dimiliki spesies pterosaurus.

Melansir Science Daily, Jumat (16/1/2020), para ahli menyadari potongan fosil tersebut adalah sepotong paruh yang panjang, ramping dan tidak bergigi. Awalnya, potongan fosil tersebut diasumsikan sebagai bagian dari tulang sirip ikan.

Profesor David Martill dari University of Portsmouth mengatakan bahwa mereka belum pernah melihat pterosaurus sekecil itu sebelumnya.

"Bentuk paruhnya aneh sangat unik, pada awalnya fosil tidak dikenali sebagai seekor pterosaurus (reptil bersayap zaman dinosaurus), " tutur David.