Kompas.com - 28/05/2020, 18:02 WIB
Ilustrasi menunjukkan dinosaurus karnivora, Ceratosaurus dan Allosaurus berebut bangkai kering dari theropoda lain. Perilaku kanibalisme di antara spesies dinosaurus pemakan daging. Ilustrasi menunjukkan dinosaurus karnivora, Ceratosaurus dan Allosaurus berebut bangkai kering dari theropoda lain. Perilaku kanibalisme di antara spesies dinosaurus pemakan daging.


KOMPAS.com - Taktik bertahan hidup dengan cara ekstrem ternyata pernah dilakukan dinosaurus dengan memakan spesies kawanannya sendiri.

Aksi kanibalisme ini terjadi saat hewan-hewan purba berada dalam masa-masa sulit, dan ini merupakan hal yang sangat umum di antara hewan lainnya.

Melansir Science Alert, Kamis (28/5/2020), sejumlah fosil berusia lebih dari 150 juta tahun lalu telah memberikan para ahli paleontologi pandangan langka dari kebiasaan para pemakan daging zaman Jurassic.

Di antara tulang-tulang itu terdapat tanda gigitan seekor theropoda memakan spesiesnya sendiri. Jejak gigitan theropoda itu tampak pada dinosaurus terbang, termasuk Tyrannosaurus rex (T-rex) dan Velociraptors.

Baca juga: 110 Juta Tahun Lalu, Dinosaurus Ompong yang Aneh Hidup di Australia

Sayangnya, temuan langka ini membuatnya semakin sulit untuk disimpulkan, terkait spesies mana yang meninggalkan bekas atau tanda tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, sebagian besar penelitian ini mengarah pada T-rex yang memungkinkan kanibalisme itu terjadi pada kawanan spesies ini.

Ilustrasi dinosaurus karnivora, keluarga tyrannosaurus (T-Rex) Ilustrasi dinosaurus karnivora, keluarga tyrannosaurus (T-Rex)

Baca juga: Dijuluki Si Dewa Kematian, Dinosaurus ini Masih Sepupu T-Rex

Para peneliti dari University of Tennessee, Colorado Mesa University dan Daemen College di Amherst, New York melihat peluang dari bekas gigitan yang ada pada fosil untuk melacak spesies yang paling mungkin bertanggung jawab pada hal ini.

Dari 2.368 tulang yang diangkat dari tambang, sejauh ini, kurang dari sepertiganya yang menunjukkan mati dikunyah oleh theropoda.

Pada pemeriksaan yang lebih dekat, ada tanda yang menunjukkan predator kelas berat, Allosaurus, turut andil dalam kanibalisme di antara dinosaurus karnivora.

Sedikitnya satu set bekas gigitan ditinggalkan Allosaurus dengan ukuran yang cukup besar pada dinosaurus besar lain seperti Ceratosaurus. Demikian juga pada predator besar lainnya, seperti Saurophaganax dan Torvosaurus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.