Kompas.com - 13/08/2020, 20:01 WIB
Ilustrasi penemuan tulang dinosaurus di tepi pantai di Inggris yang diketahui ahli paleontologi sebagai spesies theropoda, sepupu Tyrannosaurus rex (T.rex). SHUTTERSTOCK/Herschel HoffmeyerIlustrasi penemuan tulang dinosaurus di tepi pantai di Inggris yang diketahui ahli paleontologi sebagai spesies theropoda, sepupu Tyrannosaurus rex (T.rex).

KOMPAS.com - Peneliti mengungkapkan fosil tulang spesies baru dinosaurus ditemukan di pantai di Isle of Wight, lepas pantai di selatan Inggris.

Temuan empat tulang yang diketahui spesies baru theropoda, yakni kelompok reptil purba termasuk Tyrannosaurus rex (T.rex), kata peneliti dari University of Southampton seperti dikutip dari Reuters, Kamis (13/8/2020).

Spesies baru dinosaurus ini dinamai Vectaerovenator inopinatus, yang diketahui hidup pada periode Cretaceous, 115 juta tahun yang lalu.

Ahli paleontologi memperkirakan, hewan purba tersebut ini memiliki panjang mencapai 4 meter.

Baca juga: Tak Hanya T-rex, Ini Bukti Dinosaurus Karnivora Besar Pernah Hidup di Australia

Nama tersebut digunakan, mengacu pada ruang udara besar, tempat di mana tulang-tulang itu ditemukan di tepi pantai di Shanklin, sebuah resor tepi laut di pulau tersebut pada tahun lalu.

Peneliti mengungkapkan terdapat kantong udara pada spesies dinosaurus ini, seperti yang terlihat pada burung modern, yang merupakan perpanjangan dari paru-paru.

Mereka menduga bagian tersebut membantu memicu sistem pernapasan yang efisien sekaligus membuat rangka tulang menjadi lebih ringan.

Tulang-tulang spesies dinosaurus baru yang ditemukan di tepi pantai ini, pertama kali ditemukan para pemburu fosil dari Inggris. Salah satu penemu fosil, Robin Ward mengatakan fosil tulang ini benar-benar luar biasa.

Sumber Reuters