Kompas.com - 30/09/2021, 14:07 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Belalang merupakan kelompok serangga yang memiliki banyak sekali jenis. Diperkirakan ada sekitar 18.000 jenis belalang di dunia.

Semua spesies belalang mempunyai karakteristik yang sama, yakni tubuhnya panjang dan ramping serta mempunyai rahang yang kuat.

Selengkapnya, berikut adalah fakta-fakta mengenai belalang, dilansir dari Canadian Geographic:

1. Belalang tidak mempunyai telinga

Belalang tidak mempunyai telinga. Serangga ini menggunakan organ yang disebut tympana untuk mendengar.

Tympana merupakan organ yang berupa selaput melingkar yang ditemukan di perut serangga, tempat kaki belakang menempel pada tubuh.

Baca juga: Struktur Tubuh Serangga: Alat Pernapasan, Sekresi, dan Reproduksi

2. Belalang mempunyai lima mata

Fakta unik lainnya tentang belalang adalah serangga ini mempunyai lima mata. Dua mata besarnya berada di kedua sisi kepala belakang, masing-masing dengan ribuan lensa tunggal dan memungkinkan belalang untuk melihat ke segala arah.

Tiga mata lain yang lebih kecil berada di dasar setiap antena dan satu di antara dua antena. Tiga mata ini merupakan mata tunggal.

3. Belalang mempunyai kaki yang kuat

Belalang merupakan serangga yang bisa melompat dengan cepat. Kemampuan ini didapat serangga dari kaki belakangnya yang kuat. Belalang bisa melompat hingga 20 kali panjang tubuhnya.

4. Belalang mengalami metamorfosis tidak seempurna

Metamorfosis pada serangga dibagi menjadi dua, yakni metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Baca juga: Pikat Serangga, Bunga Semprotkan Aroma Wangi Saat Lebah Mendekat

Belalang termasuk serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis belalang tidak sempurna karena hanya melalui tahapan telur-nimfa-dewasa.

Sementara itu, metamorfosis sempurna melalui tahapan dari telur-larva-pupa-dewasa. Contoh serangga yang melalui metamorfosis sempurna adalah kupu-kupu.

5. Belalang adalah herbivora

Belalang termasuk hewan herbivora yang hanya memakan tanaman. Belalang dapat menghancurkan seluruh tanaman kapas, biji-bijian, dan lain-lain.

Terdapat jenis belalang yang bisa makan semua jenis tanaman, namun ada pula yang hanya makan jenis makanan tertentu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.