Fosil Dinosaurus Era Jurassic Ditemukan di Gurun Atacama, Dijuluki Si Naga Terbang

Kompas.com - 12/09/2021, 11:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber REUTERS

KOMPAS.com - Para ilmuwan menemukan sisa-sisa fosil dinosaurus di Gurun Atacama, Cile, yang dijuluki 'Naga Terbang', yang diketahui merupakan dinosaurus dari era Jurassic.

Sebelumnya, dinosaurus dari keluarga pterosaurus yang juga dijuluki sebagai reptil terbang ini diketahui hanya ada di belahan bumi utara.

Namun, sisa fosil dinosaurus yang ditemukan di Gurun Atacama, mulai menguak persebaran Si Penguasa Langit di belahan bumi selatan.

Dilansir dari Reuters, Minggu (12/9/2021), reptil terbang dari sekelompok pterosaurus awal diketahui menjelahi bumi pada 160 juta tahun yang lalu.

Dinosaurus terbang ini memiliki ciri ekor yang runcing dan panjang, sayap yang tajam, dan gigi yang menjorok ke luar.