Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pindah Haluan, Surya Paloh Buka-bukaan Alasan Dukung Prabowo-Gibran

Kompas.com - 26/04/2024, 19:30 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengungkap alasan partainya mendukung presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Surya Paloh menyatakan dukungan secara langsung kepada Prabowo-Gibran saat bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra ini di Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2024).

Ia menjelaskan, Nasdem memutuskan mendukung Prabowo-Gibran atas dasar kepentingan bangsa yang lebih besar.

"Kami semua berkesimpulan, spirit semangat jiwa besar ini modal utama yang kita butuhkan. Berangkat dari sini Nasdem kembali menegaskan mendukung pemerintahan baru, Prabowo-Gibran," ujar dia dikutip dari Kompas.id, Kamis (25/4/2024).

Baca juga: Kata Nasdem, PKB, PKS soal Hasil Pilpres 2024 yang Dimenangkan oleh Prabowo-Gibran

Lalui tahap kontemplasi dan pertimbangan mendalam

Surya Paloh mengatakan, partainya menjatuhkan pilihan untuk mendukung Prabowo-Gibran setelah melewati tahap pertimbangan dan kontemplasi yang mendalam mengenai nasib bangsa ke depan.

Menurutnya, kekuatan para elite dipersatukan karena tantangan global yang semakin besar.

"Memang ada opsi karena bukan saya yang meminta, tapi kesempatan, dorongan, keinginan, spirit untuk mengajak bersama dengan pemerintahan saya pikir itu lebih baik. Itulah pilihan saya, pilihan Nasdem," imbuh Surya Paloh.

Ketika bertemu Prabowo, Surya Paloh juga menyinggung soal peran partai jika bergabung dengan pemerintah dan oposisi.

Baginya, jika bergabung dengan pemerintah, partai butuh keikhlasan hati dan spirit yang mengedepankan obyektifitas namun tetap menjaga daya kritis dan nalar.

Baca juga: Kata Istana, Nasdem, dan PKB soal Pertemuan Jokowi-Surya Paloh pada Minggu Malam

Surya Paloh minta masyarakat sudahi perpecahan

Sementara itu, Surya Paloh menilai bahwa keputusan menjadi oposisi dapat dilakukan setiap saat.

Ia menuturkan, hubungannya dengan Prabowo sudah berlangsung selama puluhan lalu.

Surya Paloh mengaku, ia bersama Prabowo memiliki keinginan untuk memajukan Indonesia.

"Semua kekuatan yang bisa bergabung untuk bekerja untuk rakyat, memberi suatu pemerintahan yang kuat dan efektif di tengah dinamika dunia sangat dinantikan rakyat kita," ungkapnya.

Lebih lanjut,Surya Paloh meminta masyarakat untuk menyudahi perpecahan dan bersatu mendukung presiden dan wakil presiden terpilih.

"Kita ingin mengakhiri permasalahan pemilu ini sudah selesai, sekarang tugas kita bersama bagaimana berjalan ke depan untuk membangun negeri ini," ujarnya dikutip dari Antara.

Meski Surya Paloh dan Prabowo bertemu secara langsung, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan bahwa pertemuan keduanya tidak membahas jatah kursi menteri.

Baca juga: Hasil “Quick Count” Pileg 2024 dari 6 Lembaga Survei: PDI-P Teratas Disusul Gerindra, Golkar, PKB, dan Nasdem

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com