Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menggunakan Alas Kaki di Dalam Rumah Tingkatkan Kesehatan

Kompas.com - 06/04/2024, 18:00 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Sumber TIME,Loungers

KOMPAS.com - Beberapa orang menggunakan alas kaki seperti sandal dan sepatu bahkan ketika berada di dalam rumah.

Sebagian yang lain mungkin merasa kotor apabila tidak melepas alas kakinya di dalam rumah.

Baca juga: Bukti Manusia Gunakan Alas Kaki 148.000 Tahun Lalu Ditemukan

Kebanyakan masnyarakat Indonesia, yang rumahnya menggunakan ubin sebagai alas, lebih memilih bertelanjang kaki ketika di dalam rumah.

Sedangkan pada banyak adegan film barat menampilkan penggunaan alas kaki di dalam rumah.

Sebenarnya, apakah ada pengaruh kebiasaan menggunakan alas kaki di dalam rumah dengan kesehatan tubuh?

Alas kaki dan pengaruh kesehatan

Ada banyak alasan mengapa orang bertelanjang kaki di rumah. Hal tersebut dapat dikarenakan budaya suatu kelompok atau pilihan pribadi. 

Ternyata, dilansir dari TIME, tidak menggunakan alas kaki baik di dalaam rumah maupun luar rumah dapat memberikan tekanan yang berlebih pada kaki.

Tekanan pada kaki ketika berjalan tanpa alas kaki selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan dapat menyebabkan peradangan, yang dapat menyebabkan masalah serius.

Penggunaan alas kaki di rumah akan memberikan banyak manfaat kesehatan. Beberapa pengaruhnya, seperti:

  • Alas kaki dapat memberikan kenyamanan dan perlindungan, sekaligus mengurangi tekanan pada tendon dan ligamen penting. Sehingga membantu meringankan nyeri sendi dan kaki.
  • Alas kaki membantu menjaga kaki tetap hangat dan melancarkan aliran darah. Kaki yang dingin akibat tersentuh lantai dapat menyebabkan pembuluh darah di hidung dan tenggorokan mengerut. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko batuk dan pilek.
  • Alas kaki dapat membantu melindungi kaki dari kuman dan kotoran. Alih-alih menyebabkan lantai menjadi kotor, alas kaki dapat melindungi kaki dari lantai rumah mengandung bakteri dan jamur penyebab infeksi.
  • Meningkatkan produktifitas. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Warwick, terbukti bahwa pekerja yang lebih santai jauh lebih produktif dibandingkan pekerja yang stres. Terntunya aspek santai di sini berkaitan dengan atribut kaki, yaitu penggunaan sandal.

Baca juga: 5 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki untuk Kesehatan

Mungkin Anda masih merasa ragu untuk memakai alas kaki di dalam rumah karena masalah kebersihan. Sebagai solusinya, Anda dapat menyiapkan dua set alas kaki secara terpisah.

Kenakan alas kaki luar ruangan yang digunakan saat kemanapun Anda pergi meninggalkan rumah. Lalu, siapkan sepasang alas kaki lain yang hanya Anda pakai di dalam ruangan. 

Faktanya, penggunaan alas kaki di dalam rumah dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Jadi, tidak ada kerugian apabila Anda mengikuti anjuran menggunakan alas kaki di dalam rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com