Kompas.com - 06/12/2021, 13:01 WIB
Ilustrasi Dinosaurus baru terbesar yang pernah ditemukan di Italia. Spesies dinosaurus Tethyshadros insularis, penemuan fosil dinosaurus ini menafsirkan gambaran Mediterania kuno. Davide Bonadonna via THE INDEPENDENTIlustrasi Dinosaurus baru terbesar yang pernah ditemukan di Italia. Spesies dinosaurus Tethyshadros insularis, penemuan fosil dinosaurus ini menafsirkan gambaran Mediterania kuno.

KOMPAS.com - Para ahli telah menemukan fosil dinosaurus baru di situs paleontologi di Italia. Penemuan kerangka dinosaurus ini adalah yang terbesar yang pernah ditemukan di Italia.

Penemuan kerangka dinosaurus ini diyakini adalah harta karun yang telah membantu merekonstruksi sejarah, geografi dan evolusi di kawasan Mediterania kuno.

Para ilmuwan meyakini bahwa daerah itu, pada sekitar 230 juta tahun hingga 66 juta tahun yang lalu, hingga saat ini akan sulit untuk dipetakan.

Sebab, wilayah situs paleontologi ini dibentuk oleh pulau-pulau kecil yang tak terhitung jumlahnya, jauh dari daratan utama Eropa, Afrika dan Asia, dan tidak cocok untuk menopang hewan besar seperti dinosaurus.

Seperti dilansir dari The Independent, Sabtu (4/12/2021), para ilmuwan yang terdiri dari University of Bologna di Italia, telah menganalisis beberapa kerangka dinosaurus yang sangat lengap dari situs Villaggio del Pescatore dekat Trieste, timur laut Italia.

Studi pada fosil dinosaurus terbesar di Italia itu telah dipublikasikan di jurnal Scientific Reports, pada Kamis (2/12/2021) lalu.

Baca juga: Fosil Dinosaurus Era Jurassic Ditemukan di Gurun Atacama, Dijuluki Si Naga Terbang

Para ahli menduga bahwa situs prasejarah dan fosil dinosaurus terbesar yang ditemukan di Italia itu kemungkinan berasal dari sekitar 80 juta tahun yang lalu.

Situs itu diyakini masih berhubungan dengan periode Cretaceous atau Zaman Kapur, dan lebih tua sekitar 10 juta tahun dari yang diperkirakan sebelumnya.

Kerangka ini, kata peneliti, adalah milik spesies Tethyshadros insularis, merupakan fosil dinosaurus terbesar dan terlengkap yang pernah ditemukan di Italia.

Ahli palaeontologi juga telah menemukan sisa-sisa fosil di situs tersebut, termasuk sisa-sisa ikan prasejarah, buaya, reptil terbang, bahkan krustasea kecil, yang mana temuan sisa fosil ini memberikan gambaran yang jelas tentang ekosistem di kawasan ini.

Penemuan fosil dinosaurus tafsirkan Mediterania kuno

Para peneliti pun mengungkapkan bahwa penemuan 'harta karun' fosil dinosaurus di Italia ini telah memberikan tafsiran baru mengenai hipotesis evolusioner dalam menggambarkan Mediterania kuno.