Kompas.com - 29/09/2021, 18:32 WIB
Monika Novena,
Gloria Setyvani Putri

KOMPAS.com - Fosil berusia 25 juta tahun lalu yang ditemukan di Australia Selatan baru-baru ini menjadi bukti bahwa saat itu yang menjadi predator puncak di wilayah tersebut adalah elang purba.

Kala itu, elang purba memburu koala, posum, dan juga hewan berkantung lainnya.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Historical Biology ini pun memberikan wawasan mengenai sejarah panjang evolusi burung raptor di benua itu.

Baca juga: Agar Tak Kehilangan Mangsa, Begini Cara Elang Mengedipkan Mata

Mengutip The Independent, Selasa (28/9/2021) spesies yang diberi nama Archaehierax sylvestris ini menurut ahli paleontologi dari Flinders University Australia adalah salah satu raptor tertua di dunia yang menyerupai elang.

"Spesies ini sedikit lebih kecil dan ramping daripada elang ekor baji. Tapi ini adalah elang terbesar yang diketahui selama periode waktu itu," kata Ellen Mather, salah satu penulis dalam studi ini.

Mather menyebut pula bahwa jangkauan kaki A. sylvestris hampir 15 sentimeter, memungkinkannya menangkap hewan besar.

Predator marsupial terbesar pada saat itu seukuran anjing kecil atau kucing besar. Jadi, elang purba A. sylvestris tentu saja berkuasa.

Dengan elang purba berada di puncak rantai makanan, para peneliti mengatakan fosil spesies tersebut sangat sedikit jumlahnya dan jarang terawetkan.

"Jarang sekali menemukan satu tulang dari elang sehingga memiliki sebagian besar kerangka menjadi menarik terutama mengingat usianya," ungkap Trevor Worthy, peneliti lain yang terlibat.

Studi juga menemukan bahwa A. sylvestris hidup di habitat hutan hijau yang rimbun. Ini sesuai dengan anatomi tubuhnya.

"Tulang-tulang fosil mengungkapkan bahwa sayap A. sylvestris pendek untuk ukurannya, seperti spesies elang yang tingal di hutan saat ini. Sebaliknya kakinya relatif panjang dan akan memberikan jangkauan yang cukup besar," papar Mather.

Kombinasi sifat-sifat ini menunjukkan bahwa A. sylvestris adalah penerbang licah tetapi tak terlalu cepat. Kemungkinan besar mereka handal dalam penyergapan.

Di habitat hutan ini, A. sylvestris akan menyerang koala, posum, dan hewan lain di pohon dan memangsa mereka.