Kompas.com - 28/07/2021, 10:04 WIB
Mata elang. Bukan berkedip seperti manusia, elang menggerakkan kelopak matanya dari depan ke belakang. Tangkapan layar YouTube/The Slow Mo GuysMata elang. Bukan berkedip seperti manusia, elang menggerakkan kelopak matanya dari depan ke belakang.

KOMPAS.com - Belum lama ini viral video gerak lambat atau slow motion tentang mata elang di sosial media seperti Twitter. Alih-alih berkedip seperti manusia, ternyata elang menutup mata dengan cara menggerakkan lapisan kelopak mata dari depan ke belakang.

Ini merupakan cuplikan singkat dalam video yang sebenarnya sudah tayang di kanal YouTube The Slow Mo Guys pada 21 Februari 2019.

Video itu memperlihatkan burung elang yang sedang mengedipkan matanya dengan menggunakan membran tipis yang disebut membran nictitating atau membran pengecap.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Berapa Berat Mangsa yang Bisa Dibawa Elang?

Dilansir dari All Things Nature, membran nictitating merupakan kelopak mata ketiga yang dimiliki banyak hewan.

Membran nictiating adalah bagian dari konjungtiva yang merupakan selaput lendir pada mata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Membran ini bergerak melintasi mata dari depan ke belakang setiap tiga atau empat detik sekali.

Fungsinya adalah untuk melindungi mata dari mangsa (serangga), menyeka kotoran dan debu pada kornea, serta menjaga mata elang tetap lembab.

Mata elang sangat istimewa. Elang memiliki penglihatan yang luar biasa karena memiliki dua pusat fokus di mata yang memungkinkan mereka melihat ke depan dan ke samping secara bersamaan.

Mereka mampu melihat ikan dari ketinggan beberapa puluh meter di atas permukaan air. Sehingga saat mereka mendekati permukaan air, mereka langsung bisa menangkap sasarannya tanpa meleset.

Kemampuan ini tentu saja tidak dimiliki hewan lain, termasuk nelayan yang sulit melihat keberadaan ikan padahal jaraknya lebih dekat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.